• Yoghurt O Nomu : Mahasiswa FTP UB menciptakan Inovasi Minuman Fungsional Sebagai Alternatif Diet Sehat dan Aman

    yoghurt o nomu


    Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) terinspirasi membuat yoghurt nabati berbahan dasar biji-bijian sebagai alternatif diet sehat dan aman. Anisa Nofia, Hanna Syakira, Khairun Nisa, Nur Anisah dan Risma Mareta. Di bawah bimbingan Wendra Gandhatyasri Rohmah, STP, MP membuat inovasi yoghurt yang memanfaatkan komoditi biji-bijian di Indonesia untuk mendukung program Gentas (Gerakan Berantas Obesitas). 



    O Nomu adalah produk minuman probiotik dengan bahan dasar biji-bijian yaitu kacang kedelai edamame sebagai bahan baku utama serta kacang merah,kacang hijau, dan kacang almond sebagai bahan pelengkap.



    Minuman ini diolah dengan menggunakan teknologi fermentasi sari biji-bijian untuk menghasilkan minuman probiotik yang kaya akan nutrisi, yakni sebagai sumber protein nabati yang berasal dari biji-bijian serta kandungan antioksidan dalam komponennya.



    “Yoghurt O Nomu diproduksi dengan produk yang mengandung protein nabati dibuat dari biji-bijian premium sebagai solusi bagi intoleran animal proteins, kandungan antioksidan dalam biji-bijian dapat mencegah terjadinya penuaan serta menjaga kadar gula dalam darah,”kata Anisa .



    Target pasar Yoghurt O Nomu adalah Malang Raya dengan harapan dapat berkembang ke seluruh Indonesia melalui media promosi online yang telah kami buat yaitu instagram (@onomu.id), tokopedia (@onomu_id), facebook (Yoghurt O Nomu). Poduk Yoghurt O Nomu ini dikembangkan dalam situs web untuk penjabaran lebih lanjut mengenai komposisi dan manfaat yang terdapat pada produk. 



    “Kami berharap produk kami akan menjadi inovasi bisnis yang profitable dan ikut serta dalam mendukung program Gentas, dengan Yoghurt O Nomu dibuat menggunakan pemanis alami berupa madu, membuat kenyang lebih lama sehingga cocok untuk yang sedang menjalankan diet, serta mampu dalam meningkatkan kinerja sistem mukosal dan sistem imun sehingga dapat memacu keseimbangan penyerapan zat gizi dan jumlah mikroba dalam usus,” kata Yori menambahkan.



    Melalui berbagai sarana pemasaran yang ada pembeli dapat mengetahui info terbaru dari produk tersebut.Yoghurt O Nomu hadir dalam tiga varian rasa diantaranya original, anggur dan leci yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dengan harga Rp. 13.000 per botol.



    “Diharapkan produk Yoghurt O Nomu dapat menjadi solusi yang disukai masyarakat dan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, dapat menyebarkan informasi dan edukasi mengenai produk Yoghurt O Nomu juga GENTAS (gerakan Berantas Obesitas) dapat dilihat pada sosial media dan website” kata Risma menambahkan.



    Yoghurt O Nomu berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham