• Ilmu Tanah : 7 Sifat Fisik Tanah, Pengertian Sifat Fisik tanah

     Resume Singkat : Sifat Fisik Tanah, Dasar Ilmu Tanah


    sifat fisik tanah


    Pengertian Sifat Fisik Tanah


    Sifat fisik tanah merupakan sifat tanah yang berhubungan dengan bentuk/ kondisi tanah asli, yan termaksud diantaranya adalah tekstur, struktur, bobot isi tanah, porositas, stabilitas konsistensi tanah, warna maupun suhu tanah dan lain lain. Tekstur tanah ditentukan oleh proporsi relatif ketiga jenis partikel mineral tanah yang disebut pemisahan tanah: pasir , lanau , dan lempung . 


    Pada skala yang lebih besar berikutnya, struktur tanah yang disebut peds atau lebih umum agregat tanah dibuat dari tanah yang terpisah ketika oksida besi , karbonat , tanah liat, silika dan humus , melapisi partikel dan menyebabkan mereka melekat ke struktur sekunder yang lebih besar dan relatif stabil. Berat jenis tanah, jika ditentukan pada kondisi kelembaban standar, merupakan perkiraan pemadatan tanah . Porositas tanah terdiri dari bagian kosong dari volume tanah dan ditempati oleh gas atau air. Konsistensi tanah adalah kemampuan bahan tanah untuk saling menempel. 


    Temperatur dan warna tanah dapat ditentukan sendiri. Resistivitas mengacu pada ketahanan terhadap konduksi arus listrik dan mempengaruhi laju korosi pada struktur logam dan beton yang terkubur di dalam tanah. Sifat-sifat ini bervariasi melalui kedalaman profil tanah, yaitu melalui cakrawala tanah .


    1. Tekstur tanah 



    Tekstur tanah adalah keadaan tingkat kehalusan tanah yang terjadi karena terdapatnya perbedaan komposisi kandungan fraksi pasir, debu dan liat yang terkandung pada tanah (Badan Pertanahan Nasional). keadaan tekstur tanah sangat berpengaruh terhadap keadaan sifat-sifat tanah yang lain seperti struktur tanah, permeabilitas tanah, porositas dan lain-lain. Tekstur tanah dikatakan baik apabila komposisi antara pasir, debu dan liatnya hampir seimbang.


    2. Struktur tanah 



    STRUKTUR adalah susunan partikel pasir, debu dan liat menjadi satuan yang lebih besar (agregat atau ped); ped adalah agregat tunggal. Dalam struktur tanah yang menjadi hal penting diantaranya meningkatkan infiltrasi air, meningkatkan daya perkecambah biji, dan meningkatkan permeabilitas


    3. Bobot isi tanah 



    Bobot isi tanah (bulk density) adalah perbandingan antara berat suatu massa tanah dalam keadaan kering mutlak dengan volumenya. Tanah tersebut dalam keadaan tidak terganggu (utuh). Nilai berat suatu tanah digunakan secara luas. Ini diperlukan untuk konversi prosentase air dalam berat ke kandungan air volume untuk menghitung porositas jika berat jenis partikelnya diketahui dan untuk memperkirakan berat dari volume tanah yang sangat besar.


    4. Porositas



    Porositas tanah adalah kemampuan tanah untuk meloloskan air berlebih sehingga tanah tidak jenuh air, dengan demikian udara dapat masuk kedalam tanah dengan leluasa. Jadi jumlah udara dan air dalam tanah seimbang


    5. Stabilitas konsistensi tanah



    Konsistensi adalah salah satu sifat fisika tanah yang menggambarkan ketahanantanah pada saat memperoleh gaya atau tekanan dari luar yang menggambarkanbekerjanya gaya kohesi (tarik menarik antar partikel) dan adhesi (tarik menarikantara partikel dan air) dengan berbagai kelembaban tanah


    6. Suhu tanah



    suhu tanah ditentukan oleh interaksi sejumlah faktor, dengan dua sumber panas, yaitu radiasi sinar matahari  dan langit (dominan), serta  konduksi dari interior tanah (sangat sedikit). Suhu tanah dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. 


    Temperatur (Suhu) adalah suatu sifat tanah yang sangat penting, secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman, dan juga terhadap kelembapan, aerasi, struktur, aktivitas mikrobial, dan enzimatik, dekomposisi  serasah/ sisa tanaman  dan ketersediaan hara-hara tanaman. Suhu tanah juga disebut intensitas panas dalam tanah dengan satuan derajat Celcius, derajat Fahrenheit, derajat Kelvin dan lain-lain. Suhu tanah juga merupakan salah satu faktor tumbuh tanaman yang penting sebagaimana halnya air, udara dan unsur hara


    7. Warna tanah



    Warna adalah salah satu karakteristik tanah yang paling nyata dan sering digunakan untuk memerikan tanah. Warna tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap pertumbuhan tanaman, tapi secara tidak langsung menunjukkan kandungan bahan organik yang ada di tanah tersebut. Hampir semua warna terdapat di dalam tanah, misalnya putih, merah, cokelat, kelabu, kuning, dan hitam, bahkan biru pun ada. Pada dasarnya, warna tanah tidak murni, melainkan campuran (contoh: kelabu, coklat, karat). Warna tanah merupakan gabungan warna-warna dari komponen tanah seperti oksida besi (merah, cokelat karat), humus (hitam, cokelat), kwarsa (putih), dan lempung (kelabu, putih).

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham