• Hubungan Air dan Tanah dengan Tumbuhan, kapilaritas air tanah, konsep air tanah, dan potensi air tanah

     Resume Singkat : Hubungan Air dan Tanah Dengan Tumbuhan, Dasar Ilmu Tanah


    konsep air dan tanah



    I. Air dan tanah


    A. kapilaritas air tanah


    Kapiler, juga disebut sebagai gerakan kapiler atau kapilaritas, adalah kombinasi dari kohesi / adhesi dan tegangan permukaan .Kapiler ini ditunjukkan oleh gerakan ke atas air melalui tabung sempit melawan gaya gravitasi. Kapiler terjadi kalau gaya tarik (adhesi) antara molekul air dengan permukaan padat (dinding tabung kapiler) lebih kuat daripada gaya kohesi di antara molekul- molekul air. Sebagai hasil dari kapilaritas, terjadilah meniskus cekung (atau melengkung, permukaan berbentuk U) di mana cairan yang bersentuhan dengan permukaan vertikal.


    Kenaikan kapiler adalah ketinggian air yang naik di dalam tabung kapiler, dan menurun kalau lebar tabung semakin meningkat. Dengan demikian, semakin sempit tabung kapiler, air akan naik lebih tinggi. Kapiler adalah efek yang sama yang menyebabkan bahan berpori, seperti spons, menyerap cairan. Kapilaritas adalah kekuatan utama yang memungkinkan tanah untuk menahan air, dan mengatur pergerakannya dalam tanah.


    Fenomena kapilaritas juga terjadi dalam tanah. Dengan cara yang sama bahwa air bergerak ke atas melalui tabung kapiler melawan gaya gravitasi, air bergerak ke atas melalui pori-pori tanah , atau ruang di antara partikel tanah. Ketinggian air yang naik ini tergantung pada ukuran pori semakin kecil pori-pori tanah, semakin tinggi kenaikan air kapiler. 


    Tanah bertekstur halus  biasanya memiliki pori-pori lebih kecil daripada tanah bertekstur kasar. Oleh karena itu, tanah-tanah bertekstur halus memiliki kemampuan lebih besar untuk menahan dan menyimpan air tanah di dalam ruang pori di antara partikel-partikel. Pori-pori di antara partikel tanah liat disebut pori  mikro.  Sebaliknya, pori yang lebih besar di antara partikel yang ukurannya besar, seperti pasir, disebut pori makro .


    B. konsep air tanah


    Aliran air merembes tanah dapat dibandingkan dengan aliran panas melalui batang metal atau aliran listrik melalui kawat. Gaya yang mendorong air untuk mengalir dapat dibandingkan dengan perbedaan potensial listrik atau perbedaan panas, dan dapat diwujudkan sebagai perbedaan tarikan dari dua bagian tanah terhadap air yang kadar airnya tidak sama.


    C. potensial air  


    Potensial Air dapat didefinisikan sebagai tenaga yang diperlukan untuk memindahkan sejumlah satuan air dari tempat patokan yang dianggap potensialnya sama dengan nol ke tempat lain yang potensialnya mempunyai nilai tertentu.


    Potensial dapat diartikan sebagai petunjuk status energi atau ketersediaan air tanah. Jika potensialnya rendah maka ketersediaan air juga rendah. Potensial gravitasi air tanah, pada setiap titik ditentukan oleh elevasi relatif titik bersangkutan terhadap suatu tempat referensi tertentu.


    Untuk mudahya adalah umum untuk menentukan tempat referensi pada suatu elevasi titik yang penting di dalam tanah, atau dibawah profil tanah yang sedang diteliti, agar potensial gravitasi selalu dapat bernilai + atau 0.


    D. konsep potensial air tanah


    Konsep potensial air tanah adalah sangat penting. Konsep ini mengganti cara penggolongan air tanah yang umum dipakai pada masa lalu yaitu yang menggolongkan air tanah dalam beberapa bentuk: air gravitasi, air kapiler, air higroskopik dan sebagainya.


    Faktanya adalah bahwa semua air tanah, tidak hanya sebagian saja, dipengaruhi juga gravitasi, sehingga semua air adalah air gravitasi. Selanjutnya hukum kapiler tidak mulai atau berhenti pada suatu nilai kadar air, atau ukuran pori. Dengan demikian air tanah dapat berbeda dari tempat ke tempat dan dari waktu ke waktu tidak dalam bentuk tetapi dalam energi potensial.


    II. Hubungan air tanah terhadap tumbuhan 


    Sebagian besar air yang diperlukan oleh tumbuhan berasal dari tanah ( disebut air tanah). Air ini harus tersedia pada saat tumbuhan memerlukannya. Kebutuhan air setiap tumbuhan berbeda. Kadar dan komposisi udara tanah sebagian besar ditentukan oleh hubungan air dan tanah. Udara tanah yang terdiri dari campuran gas itu bergerak menuju ke pori-pori yang belum diduduki oleh air . Air diperlukan oleh tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan biologisnya, antara lain untuk memenuhi transpirasi, dalam proses asimilasi untuk pembentukan karbohidrat, serta untuk mengangkut hasil-hasil fotosintesisnya ke seluruh jaringan tumbuhan.


    Air tanah berfungsi sebagai pelarut unsur hara dalam tanah. Air tanah dan unsur hara ini membentuk larutan tanah. Air tanah berfungsi membawa unsur hara ke permukaan akar tumbuhan. Di dalam jaringan atau tubuh tumbuhan ini air juga berperan mengangkut unsur hara yang diserap akar ke seluruh tanaman


    Fungsi air pada tanaman 



    1) sebagai senyawa utama pembentuk protoplasma,


    2) sebagai senyawa pelarut bagi masuknya mineral-mineral dari larutan tanah ke tanaman dan sebagai pelarut mineral nutrisi yang akan diangkut dari satu bagian sel ke bagian sel lain,


    3) sebagai media terjadinya reaksi-reaksi metabolik,


    4) sebagai rektan pada sejumlah reaksi metabolisme seperti siklus asam trikarboksilat,


    5) sebagai penghasil hidrogen pada proses fotosintesis, 


    6) menjaga turgiditas sel dan berperan sebagai tenaga mekanik dalam pembesaran sel, 


    7)  mengatur mekanisme gerakan tanaman spt membuka/menutupnya stomata, membuka dan menutupnya bunga serta melipatnya daun-daun tanaman tertentu,


    8) sebagai bahan metabolisme dan produk akhir respirasi, serta


    9) berperan dalam perpanjangan sel,


    10) sebagai bahan metabolisme dan produk akhir respirasi, serta


    11) digunakan dalam proses respirasi.


    Kehilangan air pada jaringan tanaman akan menurunkan turgor sel, meningkatkan konsentrasi makro molekul serta senyawa-senyawa dengan berat molekul rendah, mempengaruhi membran sel dan potensi aktivitas kimia air dalam tanaman.


    Peran air yang sangat penting tersebut menimbulkan konsekuensi bahwa langsung atau tidak langsung kekurangan air pada tanaman akan mempengaruhi semua proses metaboliknya sehingga dapat menurunkan pertumbuhan tanaman.

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham