• Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Melaksanakan Program Pengembangan UMKM Di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

    Mastoming.com_ Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) melaksanakan program kuliah kerja nyata (kkn), dalam program tersebut mahasiswa menjalankan program pengembangan Galeri umkm yang berada di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek . 



    Progam kkn tersebut berjalan selama 12 hari terhitung sejak tanggal 16 desember hingga 30 desember 2021. Sebelum melaksanakan kkn mahasiswa menganalisis terlebih dahulu permasalah apa yang ada di Galeri umkm , setelah itu mahasiswa juga berkordinasi dengan pengurus umkm sebagai mitra terkait program yang akan dijalankan.


    Mahasiswa KKN Untag Surabaya


    Pengembangan Galeri umkm ini bertujuan menarik perhatian masyarakat daerah panggul untuk berkunjung dan membeli produk-produk di Galeri umkm. Produk-produk yang ada di Galeri umkm merupakan produk yang dihasikan oleh masyarakat lokal , contohnya seperti camilan khas Trenggalek keripik tempe, alen-alen, brondong, keripik pisang,kue kering dan lain-lain. 



    Selain camilan disini juga disediakan oleh-oleh khas Trenggalek seperti kerajinan tangan antara lain cangkir minum dari bambu, lampu hias dari kayu, tatakan dapur, piring-piring bermotif cantik, botol air yang terbuat dari kayu dengan motif menarik, aksesoris seperti tas dan juga kalung. Masyarakat lokal juga memproduksi baju dan kain khas daerah Trenggalek . Kain tersebut dinamai dengan kain sibori. Kain ini memiliki corak yang menarik sehingga sangat cocok  untuk dijadikan bahan pakaian.



    Dengan berbagai potensi serta kreativitas yang tinggi masyarakat daerah panggul mampu menciptakan produk-produk yang berkualitas memiliki estetika dan daya guna yang tinggi. Hal ini pun membawa keuntungan secara financial untuk masyarakat Panggul. Namun karena pandemi Galeri umkm ini sempat mangkrak sehingga saat Galeri umkm mulai dikelola lagi masyarakat sekitar masih banyak yang belum mengetahui terkait keberadaan dan fungsi dari  Galeri umkm hal ini pun berdampak pada pendapatan produsen produk umkm. 



    Maka dari itu focus progam yang dijalankan mahasiswa adalah pengembangan Galeri umkm dengan cara menyewa jasa influencer untuk membuat video promosi, mengelola akun sosial media galeri umkm yang dapat digunakan untuk memasarkan produk, serta membuat medua promosi lainnya seperti banner dan juga stiker. 



    Dengan adanya program kkn ini diharapkan mampu membawa  perubahan perkembangan pada kemajuan Galeri umkm sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung dan membeli produk lokal sehingga dapat menambah pendapatan produsen.

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham