• Sistem Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Pesantren

    Sistem Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Pesantren


    Sistem Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Pesantren



    Sistem pesantre selalu terdiri dari asrama atau kompleks asrama, dan siswa diajarkan ilmu-ilmu alam dalam lingkungan sosial-keagamaan yang kuat, dengan atau tanpa pengetahuan umum. Dalam perkembangan selanjutnya, pondok pesantren memberikan pengetahuan umum tentang madrasah atau sistem persekolahan, di samping pendidikan agama. Dari segi administrasi, pesantren dapat dibagi menjadi empat kategori:



    1. Pesantren dengan sistem pendidikann yang lama biasanya jauh di luar kota dan menawarkan bacaan saja. 


    2. Pesantren modern dengan sistem pendidikan klasik berdasarkan kurikulum yang terstruktur dengan baik yang mencakup keterampilan mengajar. 


    3. Pondok Pesantren menggabungkan selain pengajaran dalam sistem penelitian, sistem madrasah dengan pengetahuan umum. 


    4. Pondok pesantren tidak lebih baik dari asrama daripada pndok yang semestinya.  


    Di masa lalu pesantren, pemerintah mengakui pada awal  2001  bahwa potensi Pesantrn perlu dioptimalkan  untuk mendukung kebutuhan pendidikan  generasi muda di pedesaan dan pinggiran kota. Jumlah pondok pesantren di seluruh Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Pesatnya perkembangan Pesantren antara lain disebabkan oleh lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nomor 2 Tahun 1989 yang mengatur legalitas yang sama dengan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama negeri yang dikembangkan di pondok pesantren. Pondok pesantren pada masa sekarang, dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren, dapat digolongkan ke dalam tiga bentuk yaitu:


    a.Pondok Pesantren adalah fasilitas pendidikan dan pendidikan Islam yang biasanya disediakan secara non-tradisional, dan santri biasanya tinggal di pondok pesantren atau asrama di Pesantren.  


     b. Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan dan pendidikan Islam dimana santrinya tidak bertempat tinggal di kompleks Pesantren tetapi tinggal tersebar di desa-desa sekitar Pesantren. Tempat berkumpulnya para santri pada waktu-waktu tertentu, memberikan metode dan metode didikan dan pendidikan  Islam dengan menggunakan sistem weton. 


    c. Pesantren masa kini adalah lembaga yang memadukan sistem pesantren dengan pesantren, dengan menggunakan sistem Bandungan, Sologan, atau Wetnan untuk mendidik dan mengajarkan agama Islam. Pendidikan informal dan penyelenggaraan pendidikan, pendidikan formal, hingga pesantren modern yang memenuhi standar baik madrasah maupun sekolah umum dari berbagai tingkatan.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham