• Perbedaan Sistem Pendididkan Agama Islam Di Sekolah Konvensional Dan Pesantren

    Perbedaan Sistem Pendididkan Agama Islam Di Sekolah Konvensional Dan Pesantren



    Perbedaan Sistem Pendididkan Agama Islam Di Sekolah Konvensional Dan Pesantren?



    Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan, namun tetap  berbeda dengan sekolah pada umumnya. Tidak hanya pendidikan agama, tetapi juga  sekolah umum berbeda. Jadi apa bedanya? Di bawah ini adalah perbedaan antara Pesantren dan sekolah konvensional. 



    1. Perbedaan Kurikulum  


    Perbedaan mendasar antara Pesantren dan sekolah umum terletak pada kurikulum pendidikannya. Sekolah umum menggunakan kurikulum  pemerintah. Untuk Pesantren, selain  kurikulum  pemerintah, kami juga menggunakan kurikulum kami sendiri dengan penekanan pada pendidikan agama. Pesantula tradisional tidak menggunakan kurikulum seperti sekolah umum.



    2. Kegiatan belajar pondok pesantren lebih padat dari konvensioanl


    kegiatan belajar pesantren lebih padat dari sekolah umum. Kegiatan belajar pesantren dapat berlangsung siang dan malam. Hal ini berbeda dengan sekolah umum yang hanya berlangsung dari pagi hingga sore hari. Selain itu, siswa juga dipantau 24 jam sehari. Hal ini  tidak  lagi mengkhawatirkan orang tua siswa, karena anak-anak mereka diawasi dengan baik. 



    3. Santri diajarkan lebih banyak pendidikan moral 


    Baik sekolah umum atau pesantren  mengajarkan  pendidikan moral kepada siswa. Namun yang membuat perbedaan di sini adalah Pesantren lebih dari sekedar mengajarkan akhlak santri dengan norma-norma tata  arma. Siswa juga diajarkan akhlak  sesuai tuntunan Islam. Dan perkembangan moral ini berlaku dalam kehidupan sehari-hari siswa. 



    4. Santri tinggal di asrama 


    Siswa sekolah konvensioanl pasti tinggal di empat dinding mereka. Namun tidak demikian dengan santri  pesantren. Para santri hidup dalam romansa yang ditawarkan Pesantren. Kalaupun ingin pulang, siswa hanya boleh pulang pada waktu-waktu tertentu. Misalnya  saat libur semester. 



    6. Mengajarkan Kemandirian dan Disiplin Santri


    Seperti  disebutkan di atas, Santri tinggal di asrama. Tentu saja, mereka  jauh dari orang tua mereka. Oleh karena itu, siswa harus selalu mandiri dan disiplin. Berbeda dengan santri umum dengan disiplin mandiri, ini tidak setinggi santri di pondok pesantren.

     


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham