• Norma : Norma dan Kaedah Yang Berlaku Dimasyarakat , Norma Agama, Norma Kesopanan, Norma Kesusilaan, Norma Adat, Norma Hukum

    Norma dan kaedah yang berlaku dimasyarakat


    KAEDAH DAN NORMA YANG MENGATUR DALAM MASYARAKAT



    Seperti diketahui bahwa manusia selalu mengharapkan agar kepentingan-kepentingannya dilindungi dari konflik, gangguan-gangguan, bahaya yang mengancam atau menyerang kepentingan dirinya dan kehidupan bersama. Ia ingin selalu merasa aman dan dapat memenuhi kepentingan- kepentingannya dengan aman dan tenang. Agar dapat memenuhi kebutuhan- kebutuhannya dengan aman, tenteram dan damai tanpa ada gangguan-gangguan terhadap kepentingannya tersebut, maka bagi tiap manusia dalam masyarakat perlu adanya suatu tata (orde = ordnung).



    Norma atau kaedah ini berguna di dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu untuk memberikan petunjuk kepada manusia, bagaimana seseorang tersebut harus bertingkah laku (bertindak) dalam masyarakat, paling tidak

     


    dengan adanya norma tersebut kita mengetahui perbuatan-perbuatan mana yang harus dijalankan/dipatuhi dan perbuatan mana yang harus dihindari.


    Isi dan sifat dari kaedah atau norma ini adalah berupa:


    a) Suruhan (Gebod), yang berarti harus dilakukan.


    b) Larangan (Verbod), berarti yang harus tidak dilakukan.


    c) Kebolehan yang tidak harus dilakukan


    1. Kaedah/Norma Agama


    Kaedah/Norma Agama ini adalah petunjuk atau tuntunan hidup kearah yang benar yang berasal dari Tuhan atau pembawa ajarannya. Kaedah agama ditujukan kepada kehidupan beriman atau kewajiban manusia kepada Tuhan dan kepada dirinya sendiri.



    Kaedah/norma agama terbagi dua, yaitu agama wahyu (samawi, sama’I, langit) dan agama budaya. Agama wahyu adalah suatu ajaran Allah yang berisi perintah , larangan dan kebolehan yang disampaikan kepada ummat manusia berupa wahyu melalui malaikat dan RasulNya.



    2. Kaedah/Norma Kesopanan



    Yang dimaksud dengan norma/kaedah kesopanan adalah peraturan- peraturan yang hidup atau timbul dari pergaulan hidup kelompok masyarakat tertentu, dan merupakan pedoman yang mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia lainnya. Norma atau kaedah ini timbul dari segolongan manusia, serta peraturannya ditaati dan diikuti oleh lingkungan masyarakat tertentu. Norma/kaedah kesopanan didasarkan kepada kepatutan, kebiasaan, kepantasan yang berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.



    3. Kaedah/Norma Kesusilaan



    Norma kesusilaan adalah suatu pedoman atau petunjuk dalam kehidupan manusia sehari-hari, agar dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Kesusilaan ini adalah aturan-aturan yang bersumber dari norma kesusilaan, yang berasal dari diri manusia itu sendiri dan berakar dari dalam suara hati nurani manusia itu sendiri.

     


    Pada dasarnya di dalam diri manusia ada kecenderungan untuk berbuat kebenaran atau kebaikan dan menyukai segala sesuatu yang sifatnya teratur, indah dan baik serta benar.



    4. Kaedah/Norma Adat



    Norma adat adalah suatu pedoman atau petunjuk yang mengatur tentang tingkah laku yang berlaku untuk anggota-anggota lingkungan atau suatu masyarakat tertentu untuk atau pada masyarakat salah satu suku bangsa. Norma adat didasarkan atas kebiasaan, kepatuhan yang berlaku dalam suatu masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian dan tata tertib (Fathul Djannah, 2004:46). Adat adalah segala peraturan tingkah laku yang berlaku bagi suatu masyarakat tertentu, yang tidak termasuk ke dalam lapangan hukum, kesusilaan dan agama.



    5. Kaedah/Norma hukum.



    Norma hukum adalah merupakan petunjuk atau pedoman bagi setiap individu yang ditetapkan oleh penguasa serta pelaksanaanya dipertahankan dan dapat dipaksakan oleh alat-alat penguasa tersebut, serta sanksinya bersifat tegas. Norma hukum ini memberikan hak dan kewajiban kepada setiap individu dalam kelompok masyarakat. Dan peraturan-peraturan yang terdapat di dalam norma hukum ini bersifat fakultatif (mengatur) dan imperatif (memaksa), yang tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan setiap individu dalam suatu masyarakat.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham