• Biografi Singkat B.J. Habibie : Perjalanan Pendidikan Habibie Hingga Menjadi Presiden RI

    Biografi singakat B.J. Habibie


    Bacharuddim Jusuf Habibie yang di kenal dengan nama BJ. Habibie, lahir di Pare-pare (Sulawesi Selatan) pada tanggal 25 Juni 1936 anak ke-4 dari delapan putra dan putri dari keluarga Alwi Abdul Djalil Habibie dan R.A.Tuti Marini Puspawordoyo. Ia hanya kuliah selama satu tahun di Institut Teknologi Bandung (ITB), karena pada tahun 1955, ia dikirimi oleh ibunya untuk belajar di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule, Aachen, Jerman. Lalu BJ.Habibie menikah dengan Dr. Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra dan lima cucu.



    Setelah belajar di Jerman selama lima tahun, BJ.Habibie memperoleh DiplomIngenieur dengan prestasi cumlaude dari Fakultas Teknik Mesin Jurusan Desain dan Kontruksi pesawat terbang. BJ.Habibie muda seorang muslim taat yang sering berpuasa Sunnah Senin dan Kamis, memperoleh gelar Doctor Ingenieur di Fakultas Teknik Mesin, jurusan Desain dan Kontruksi Pesawat Terbang dengan predikat summa cum laude.



    Dalam rangka memenuhi panggilan tanah airnya, pada tahun 1974 BJ. Habibie akhirnya kembali ke Indonesia. Dia memulai karirnya sebagai penasihat pemerintah bidang teknologi tinggi pesawat terbang dan teknologi tinggi yang bertanggung jawab langsung kepada presiden Republik Indonesia. Tugas ini diembannya sampai tahun 1978. Akhirnya sebelum pemilu pada tahun 1997, BJ.Habibie menyampaikan kepada keluarga dan juga sahabat-sahabat terdekatnya, bahwa ia berencana mengundurkan diri setelah masa bakti di Kabinet Pembangunan VI berakhir. Namun, manusia itu hanya berencana dan Tuhanlah yang menentukan. Pada tanggal 11 Maret 1998 melalui sidang Umum MPR, ia diangkat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-7. menjadi Wakil Presiden RI. Jabatan wakil Presiden RI dipangkunya sampai 21 Mei 1998, karena ketika presiden Soeharto mengundurkan diri, maka secara konstitusional, Wakil Presiden B.J. Habibie pada tanggal tersebut, menggantikan Presiden Soeharto menjadi Presiden RI ketiga.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham