• Pada gambar berikut, tampak beberapa orang yang sedang bekerja pada lahan pertanian di dataran yang cukup tinggi. Kandungan oksigen di daerah dataran tersebut mulai menipis sehingga tampak beberapa orang sudah kelelahan. Bagaimanakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi proses pernapasan mereka ?

    Pada gambar berikut, tampak beberapa orang yang sedang bekerja pada lahan pertanian di dataran yang cukup tinggi. Kandungan oksigen di daerah dataran tersebut mulai menipis sehingga tampak beberapa orang sudah kelelahan. Bagaimanakah kegiatan tersebut akan mempengaruhi proses pernapasan mereka ?



    soal biologi



    A. Peningkatan kebutuhan oksigen akan menyebabkan aktivitas alveoli meningkat sehingga volume cadangan inspirasi paru-paru bertambah.


    B. Kebutuhan oksigen yang meningkat berbanding lurus dengan penambahan jumlah sel darah merah, aktivitas alveoli, frekuensi pernapasan,  dan volume tidal paru-paru.


    C. Peningkatan aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru menyebabkan jumlah sel darah merah bertambah sehingga memperbesar kapasitas vital paru-paru.


    D. Aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru meningkat sehingga meningkatkan frekuensi pernapasan dan jumlah udara residu paru-paru.


    E. Frekuensi pernapasan dan kecepatan difusi oksigen di alveolus meningkat sebagai akibat dari bertambahnya kebutuhan oksigen.


    jawaban : C. Peningkatan aktivitas alveoli dan elastisitas paru-paru menyebabkan jumlah sel darah merah bertambah sehingga memperbesar kapasitas vital paru-paru.


    Pembahasan : 


    semakin tinggi dataran yang ditempati maka semakin tipis pula udara yang ada di tempat tersebut, sehingga aktivitas alveoli semakin besar dan elastisitas paru paru semakin besar mengakibatkan mausia yang mengalaminya mudah kelelahan dibanding mereka yang hidup didataran rendah. namun perlu diketahui bahwa kapasitas paru paru akan menjadi lebih besar orang yang hidup didataran tinggi dibanding orang yang berada didataran rendah. 
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham