• Berikut ini adalah ciri-ciri alat pernapasan: berbentuk sekumpulan kantong berdinding tipis, terdiri atas satu lapis sel yang diliputi oleh kapiler darah. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, fungsi alat pernapasan yang dimaksud adalah …..

    Berikut ini adalah ciri-ciri alat  pernapasan: berbentuk sekumpulan kantong berdinding tipis, terdiri atas satu lapis sel yang diliputi oleh kapiler darah. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, fungsi alat pernapasan yang dimaksud adalah …..


    A. terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida


    B.  terjadinya pengeluaran CO2


    C. terjadinya pengambilan oksigen lewat darah


    D. menghangatkan udara


    E. menyaring udara


    jawaban : A. terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida


    Pembahasan : 


    Dari ciri ciri alat pernapasan yang dimaksud adalah alat pernapasan alveolus, alveolus sendiri merupakan satu satunya tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida, begitu juga pertukaran gas antara udara dan darah. Saluran napas berawal dari saluran nasal (hidung). Saluran hidung membuka ke dalam faring (tenggorokkan), yang berfungsi sebagai saluran bersama untuk sistem pernapasan dan pencernaan. Udara dari faring diteruskan ke laring atau voice box yang terletak di pintu masuk trakhea, trakhea terbagi menjadi dua cabang utama, bronkus kanan dan kiri yang masing masing menjadi cabang yang lebih kecil yang dikenal sebagai bronkiolus. Ujung bronkiolus terminal berkelompok alveolus, kantung- kantung udara halus tempat pertukaran gas antara udara dan darah
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham