• Film 3 Idiot : Analisis Karakter Pendidikan Melalui Film 3 Idiot

    3 idiot


    Analisis Karakter Pendidikan Melalui Film 3 Idiot


    Dikisahkan ada 3 orang mahasiswa yaitu Rancho, Raju, dan Farhan yang menjadi tokoh utama dalam film 3 Idiot. Mereka bertiga berkuliah di Perguruan Tinggi Teknik Imperial of College di India yang memiliki seorang guru besar bernama Viru Sahastrabuddhe. Dimana ia adalah seorang dosen yang memiliki sifat otoriter terhadap mahasiswanya. Para mahasiswa yang berkuliah diperguruan tinggi tersebut dianggapnya sebagai orang orang bodoh yang harus belajar sesuai dengan peraturan dan caranya belajar sehingga tidak sedikit pula mahasiswa yang merasa tertekan dan mengakhiri hidupnya karena merasa tidak sanggup dengan cara belajar dan sistem yang diberikannya. 



    Seperti halnya seorang mahasiswa yang bernama Joy Lobo meninggal dunia akibat gantung diri. Mahasiswa tersebut melakukan bunuh diri tersebut dikarenakan tugas akhirnya yaitu menciptakan drone tidak diterima dan dianggap tidak praktis oleh viru. Ia justru mengatakan kepada orang tua Joy bahwa anaknya tidak akan lulus, sehingga membuat mahasiswa ini semakin drop karena mendapat tekanan mental yang membuatnya untuk mengakhiri hidupnya.



    Ketiga mahasiswa yang berperan memiliki latar belakangnya dan keinginannya masing masing. Rancho yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang ahli Teknik dan membantu orang yang memiliki kekurangan pada biaya. Sedangkan Farhan yang memiliki keinginan untuk menjadi fotografer tetapi ditentang oleh orang tuanya. Sedangkan Raju adalah mahasiswa yang memiliki keingininan menajdi ahli Teknik juga dan menaikkan derajat keluarganya serta membiayai pernikahan kakak tertuanya. Mereka bertiga mencoba melawan sistem pendidikan yang diterapkan oleh viru bahwa tidak semua mahasiswa harus diberlakukan dengan sistem dan cara mengajar yang diberikannya. 



    Hal ini menjadi pembuktian bagi ketiga mahasiswa tersebut yang dianggap viru sebagai tindakan yang kontroversi. Namun pemberontakan melawan sistem ini mampu dibuktikan oleh seorang Ranco yang telah menantang Viru untuk tidak mengikuti sistem pendidikan yang diberikannya dan berhasil menjadi orang nomor satu dikampusnya. Ranco juga mengatakan bahwa jangan mengejar kesuksesan baru keunggulan melainkan kejarlah keunggulan maka kesuksesan akan menghampirimu.



    Dari kisah Film 3 Idiot ini dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pemdidikan seharusnya buukan menjadi ajang untuk saling menjatuhkan dan masing masing manusia memiliki cara belajarnya masing masing bukan serta merta harus mengikuti sistem yang mana jika tidak sesuai maka dianggap tidak lulus tetapi semua orang berhak berbeda untuk mengembangkan apa yang ia punya. Masing masing orang memiliki caranya meraih kesuksesanya masing masing. Jangan pernah ajarkan ikan untuk memanjat pohon maka ia akan merasa dirinya yang paling bodoh dalam hal itu. 

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham