• Kumpulan Soal dan Jawaban : Mikoriza ,PRAKTIKUM MK DASAR ILMU TANAH

    Lembar Kerja Mahasiswa : Praktikum MK Dasar Ilmu Tanah, Mikoriza

    kumpullan soal dan jawaban : Mikoriza


    1. sebutkan peran penting mikoriza bagi tanah dan tanaman ?


    Pada umumnya peran penting mikoriza bagi tanah dan tanaman adalah untuk meningkatkan kandungan fosfor yang mana jika kekurangan akan menghambat pertumbuhan tanaman. Selai itu juga peran mikoriza dapat mengatasi keadaan kekeringan pada tanaman, meningkatkan status hara tanaman, dan menghindarkan tanaman dari penyakit. Beberapa penelitian menyatakan untuk meningkatkan kandungan unsur P dapat dilakukan dengan mikoriza, begitu juga dengan keuntungan yang didapat pada tanaman dengan mikoriza (Hadijah, 2014)


    Selain itu pula keuntungan yng didapat oleh tanaman inang yang berasosiasi dengan mikoriza ini adalah tanaman bisa mengatai kekeringan, hal ini dikarenakkan air dari pori pori tanah pada akar yang sudah kesulitan untuk mendapatkan air bisa diatasi oleh mikoriza dan manfaat lain adanya mikoriza pada akar tanaman yakni membantu meningkatakan status hara dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Dengan demikian produktivitas dan kualitas tanaman akan terjaga tanpa harus ada upaya petani merusak tanah  (Musafa,2015).


    2. sebutkan dan jelaskan teknik yang digunakan untuk mengisolasi mikoriza


    Biasanya teknik yang digunakan untuk mengisolasi mikoriza adalah dengan cara teknik ayakan basah atau penyaringan dan teknik sentrifugasi. Berdasarkan paparan Kumalawat (2015) tentang teknik ayakan basah adalah spora yang didapat didalam cawan petri dipisahkan berdasarkan jenisnya dan dipindahkan kedalam cawan yang ukurannya lebih kecil, dilanjut dengan menghitung populasi jenis spora, membuat preparat masing masing jenis spora yang berbeda dan mikoriza siap untuk diidentifikasi dibawah mikroskop.


    Berdasarkan paparan Ansiga, (2017) mengenai teknik sentrifugasi adalah menambah hasil saringan dengan glukosa 6%, mulai menutup tabung dengan rapat dan disentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm dengan durasi 5 menit. Setelah itu dituang keatas kertas penyaring dan dibilas dengan aquades mengair untuk menghanyutkan glukosa, endapan yang tersisa dimasukkan kedalam cawan peri kemudian mulai diamati dibawah mikroskop.


    Baca keterangan ber ikut untuk menjawab soal 3 - 5!


    Diambil sampel t anah dari dua jenis lahan yang berbeda, yaitu lahan A dan lahan B. Lahan A, ditanami pohon aren dan berbagai jenis rumput liar, p H t anah 5 serta kandungan Bahan Organik pada t anah sebesar 1 , 5%. Sedangkan Lahan B, merupakan lahan budida ya t anaman jagung dengan pengo lahan intensif, dengan pH tanah 4 dan kandungan bahan organik pada tanah sebesar 0 , 3 %. Dilakukan analisis jumlah spora pada kedua lahan dan diperoleh hasil sebagai ber ikut:


    LAHAN JUMLAH SPORA PADA SARINGAN

    A                             328

    B                             32

     

    3. mengapa jumlah spora pada kedua lahan tersebut dapat berbeda ?

    Perbedaan yang terdapi pada kedua lahan dikarenakan beberapa faktor yaitu tanaman inanagnya, kondisi pH nya, dan kandungan bahan organik yang ada pada tanah dilahan tersebut. Secara umumnya penyebaran mikoriza dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kimia tanah. Populasi mikoriza yang tinggi juga disebabkan kondisi lingkungan yang lebih sesuai, optimal, dan kompatibel (Nusantara, 2012).menurut Muzakkir (2011) Untuk melihat banyaknya spora pada saringan dapat dilihta berdasarkan bahan organik ada tanaha.yaitu apabila kandungan bahan organk ada tanah 1-2%, maka jumlah spora kana banyak dan apabila krang dari 0,5% maka jumlah spora akan rendah.


    4. Dari perbedaan hasil tersebut, jelaskan lingkungan seperti apa yang cocok untuk pekembangan mikoriza? 


    Dapat kita simpulkan dari perbedaan hasil yang terlampir pada paparan soal sebelumnya dapat kita simpulan bahwa lingkungan yang cocok untuk perkembangan mikoriza adalah terdapatnya inang, kondisi tanah dengan kandungan bahan organik yang tinggi, kandunga air yang tinggi, pH tanah yang idealis, serta ketersediaan hara yang memadai. Dengan demikian dapat berkeng pula mikoriza yang yang tinggi. Sebagai mana yang dikatakan Natali (2016) kandungan air tanah dapat berpengaruh terhadap mikoriza baik secara langsung maupun tidak langsung. Bukan hanya itu suhu, cahaya, dan kelembaban juga mempengaruhi pertumbuhan mikoriza, kondisi lingkungan yang memiliki suhu relatif tinggi cenderung dapat meningkatkan aktivitas fungi dikerenakan ketersediaan air yang kurang.


    5. Setelah dilakukan isolasi terhadap spora kemudian akan dilakukan perbanyakan mikoriza. Jelaskan jenis t anaman apa yang dapat digunakan untuk perbanyakan isolat mikoriza!


    Mikoriza bekerja secara simbiosis mutulisme bersama inang nya. Dalam beberapa pernyataan bahwa pemilihan tanaman inang harus berpotensi tinggi untuk bermikoriza misalnya pada kapasitas untuk kolonisasi mikoriza, dan merangsang pertumbuhan serta adaptassi yang tinggi dari mikoriza (Herryawan,2012). Peranan perakaran tanaman sangat memengaruhi kualitas inokulum yang dihasilkan.


    Sistem perakaran tanaman inang yang sesuai untuk memeperbayak mikoriza yaitu, perakara yang ekstensif (konsentrasi tertinggi akar halus menyerap makanan) dan solid tapi kadar ligninnya rendah atau tanpa lignifikasi serta tanaman ianang harus mampu tumbuh baik dalam ruang pertumbuhan dan kondisi rumah kaca. Pada keadaan seperti ini tanaman yang cocok adalah bawang daun (allium porrum L) rumput bahiyah (peuraria javanica L) dan jagung (zea mays L).  perbanyaknya mikoriza pada tanaman jagung karena akarnya terinveksi CMA kemudian tanaman jagung membutuhkan unsur N,P, dan K hal ini memicu mikoriza untuk mengubahnya dan bermanfaat bagi tanaman inang.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham