• Kumpulan Soal dan Jawaban : Sifat Morfologi Tanah , PRAKTIKUM MK DASAR ILMU TANAH

     Lembar Kerja Mahasiswa : Praktikum MK Dasar Ilmu Tanah, Sifat  Morfologi Tanah



    1. Definisi morfologi tanah menurut para ahli (minimal 2) lalu berdasarkan definisi tersebut jelaskan pendapat anda mengenai morfologi tanah


    Menurut Fiantis (2017) morfologi tanah merupakan gambaran penampakan tanah dilapangan berdasarkan sifat dan ciri yang dapat diamati di lapangan secara sederhananya adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan sifat sifat tanah yang dapat diamati dan dipelari dilapangan.


    Morfologi tanah adalah pengetahuan yang dapat memberikan gambaran perubahan atau evolusi yang terjadi dalam tubuh tanah melalui deskripsi dan interpretasi sifat sifat profil tanah yang dapat dijadikan sebagai informasi awal dalam mengklasifikassikan tanah. (Rajamuddin dan Sanusi, 2014)


    Dari paparan para ahli diatas dapat disimpulkan bahwasannya morfologi tanah merupakan ilmu yang mempelajari bentuk dan sifat tanah yang mana nantinya dapat diterapkan langsung dilapangan dan dapat dideskripsikan serta diinterpretasikan hasilnya sebagai dasar mengklasifikasikan tanah yang akan diamati.


    2. Jelaskan bagaimana ciri-ciri Horizon O, A, E, B, C, dan R?


    Horizon genetik tanah yang terdapat didalam tanah dinamakan sebagai horizon O,A,E,B,C,dan R (Fiantis,2017). berikut ciri-ciri horizon O, A,E,B,C,dan ,R


    Horizon O


     merupakan horizon yang mengandung kadar bahan organik tinggi sedangkan fraksi mineralnya sangat sedikit. Ketebalan horizon O ini sangat bergantung kepada adanya akumulasi bahan organik dipermukaan tanah. Jika terjadi akumulasi bahan organik yang banyak maka horizon O akan tebal begitu juga sebaliknya hal ini dikarenakan terjadi aktivitas biologi yang tinggi.


    Horizon A


     merupakan lapisan yang tepat berada dibawah horizon O. horizon A terbentuk akibat akumulasi bahan organik halus yang telah melapuk dan bercapur dengan bahan mineral tanah. Pada horizon ini terdapat jelas aktivitas biologi dan banyak dijumpai perakaran kasar, halus ,dan sedang. Tampak pada warna tanah yang gelap.


    Horizon E (horizon eluviasi) 


    adalah horizon yang telah mengalami pencucian dan kehilangan (eluviasi) liat, besi, aluminium, dan bahan organik sehingga pada horizon ini tanpak berwarna pucat atau lebih terang dibandingkan horizon diatas maupun dibawahnya. Pada horizon ini didomisili oleh pasir dan debu.


    Horizon B  


    adalah horizon bawah-permukaan yang ditandai dengan sifat berikut ini 

    1. terjadinya iluviasi (penimbunan) liat, Fe, Al, hums, karbonat, gipsum atau silika

    2. Terjadinya penimbunan seskuioksida (Fe2O3 dan Al2¬O3) akibat dari pencucian Si.

    3. tampak berwarna lebih merah

    4. struktur tanah gumpal, gumpal bersudut, prismatik atau tiang


    Horizon C 


    adalah horizon bahan induk tanah yang terbentuk akibat pelapukan batuan induk, mengandung banyak batuan tidak padat, pecahan batuan. Diantara retakan batuan terdapat akar tanaman halus.


    Horizon R (batuan induk/rock) 


    merupakan lapisan batuan keras yang tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan sulit dipecahkan dengan cangkul bahkan alat lain.

    3. Dari DATA BIG yang ada pada link, coba tentukan Horizonnya apa berdasarkan hasil deskripsinya di Lapangan? Serta Alasannya mengapa demikian.


    Terlihat pada data BIG yang telah tertera menunjukkan tanah pada kedalaman 0-28 cm dengan warna coklat gelap (7,5YR 3/3) 


    lembab, dengan tekstur keras berlempung liat berdebu, struktur tanahnya gumpal membulat, tingkat keplastisannya plastis, Pori-pori mikro Biasa, meso Biasa dan makro Sedikit; Akar halus Biasa, sedang , kasar ; pH Agak Masam 5,5-6,5; ; Batas Rata dan Baur. Dapat disimpulkan bahwa horizon ini adalah horizon A. 


    Hal ini sejalan dengan pemaparan Tarigan et al.,(2014) bahwa pada tanah horizon A tingkat kemnatapan tanah sedang (medium), struktur gumpal, sedangkan ukuran kelas yang dijumpai adalah besar. 


    Konsistensi basah pada horizon ini adalah agak lekat dengan ketebalan 23 cm. mengenai warna tanah pada horizon ini berdasarkan pemaparan Fiantis (2017) bahwa horizon A ini memperihatkan warna tanah 7,5 YR 3/3 (coklat gelap) juga dikatakan horizon A merupakan akumulasi bahan oranik halus.


    Pada data kedua 28-49 cm; Cokelat Gelap (7,5YR 3/4) 


    Lembab; Lempung Berliat; Gumpal Membulat, Sedang, Sedang; Teguh, Lekat, Plastis; Batuan , ;  Pori-pori mikro Biasa, meso dan makro ; Akar halus Biasa, sedang ,kasar ; pH Netral 6,6-7,5; Batas Rata dan Baur. Dapat disimpulkan bahwa horizon ini adalah horizon B1 


    Sebagai mana yang dijelaskan Fiantis (2017) horizon B1 posisinya tepat berada didekat horizon A yang memiliki tanda fisik yang hampir mirip dengan horizon A2 dan A3, memiliki struktur tanah gumpal, gumpal besudut, prismatik, atau tiang. Dengan warna coklet gelap terletak pada kedalaman 31- 49 cm. pada tambahan pemaparan lapisan ini hanya berfungsi sebagai alur perembesan air dari lapisan atasnya.


    Data ketiga  49-108 cm; Cokelat Kuat (7,5YR 4/6) 


    Lembab; Lempung Berliat; Gumpal Membulat, Sedang, Sedang; Teguh, Lekat, Plastis; Batuan , ;Pori-pori mikro Banyak, meso Sedikit dan makro Sedikit; Akar halus Sedikit, sedang , kasar ; pH Netral 6,6-7,5; ; Batas dan Baur. Dapat disimpulan bahwa horizon ini adalah horizon B2 yang terletak di bawah horizon B1 merupakan horizon yang cirinya paling mencolok dari horizon B seperti warna paling kelam yakni coklat kuat dengan massa jenis paling berat dan lebih padat dibanding B1. (Utomo,2016)


    4. Bagaimana cara pemilihan penentuan lokasi profil tanah?


    Sebelum membuat profil tanah perlu diperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya. Lokasi pembuatan profil tanah harus dilakukan pada tanah yang belum tergangu, kecuali untuk bahan ubahan manusia atau bahan erangkut manusia. Menurut Sukarman et al.,(2017) pemilihan lokasi profil tanah dilakukan dengan cara:

    Memperhatikan wilayah sekitar, untuk mengenal keadaan wilayah sambil melakukan pemboran untuk mengetahui penyebaran dan homogenitas sifat-sifat tanah dari lokasi tersebut.


    Menetapkan lokasi yang representative dengan cara melakukan pemboran sedalam 1 meter di 2-3 tempat dengan jarak 1 meter sekitar lokasi yang kan dibuat profil tanah untuk memeriksa homogenitas tanah. Jika 2-3 tempat pemboran tempat menunjukkan keadaan yang sama, tempat pembuatan profil tanah sudah dianggap cukup representative.


    5. Jika suatu contoh tanah memiliki Hue: 10 YR dan Value 3 serta Chroma 2 termasuk warna apakah tanah tersebut?


    Pada ciri warna tersebut dapat dilihat dalam buku munsell soil color chart yakni dengan warna Verry dark grayish brown 



    sifat morfologi tanah
                                                                Buku Munsell Soil Color Chart

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham