• Investasi Itu Mudah!!!! 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Investor Pemula

        Bagaimana Seharusnya Investor Pemula Membeli Saham 


        

        Ada orang yang bercita cita menjadi kaya dalam waktu yang singkat, namun sebagai mana yang sama sama kita ketahui tidak ada orang yang menjadi kaya dalam waktu singkat, semuanya butuh proses dalam meraih kesuksesannya. Investasi saham menjadi salah satu solusi penting dalam menggapai tujuan besar jika anda ingin medapatkannya dalam waktu 5 - 10 tahun kedepan.


        Tetapi tidak sedikit orang yang memulai investasi saham dengan metode dan cara yang salah sehingga banyak orang yang putus asa ketika tahun pertama melakukan investasi saham. hal ini terjadi karena investor pemula tidak memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup untuk memulai investasi yang baik dan benar 


        Kenapa investasi saham menjadi sangat penting? bagi orang awam pada umumnya hanya menabung uang pada celengan tradisional padahal tanpa disadari orang orang ini juga tiap tahunnya akan berkurang uangnya karena terkena dampak inflasi sebagai contoh jika anda memiliki uang sebanyak 1 juta pada satu tahun yang anda simpan pada celengan tradisional maka setiap tahunnya uang anda akan terkena infasi, walaupun jumlah uang anda tetap bernominal 1 juta tetapi nilai dari uang ada akan berkurang secara sederhana pada tahun lalu anda bisa berbelanja dengan nominal 1 juta dan nilainya juga 1 juta tetapi ditahun kedua jika uang anda tetap ditabung pada celengan tradisional, anda tetap memiliki uang dengan nominal 1 juta tetapi anda hanya bisa berbelanja dengan nilai kurang dari 1 juta karena terkena dampak inflasi


         Begitu juga jika kita menabung dibank konfensional yang tiap bulannya terkena potongan walaupun kita akan mendapatkan bunga tetapi bunga ini tidak akan cukup jika kita harapkan untuk mendapatkan uang makan dari situ.

        

        Maka dari itu nabung saham menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap menyimpan uang anda yang aman dan terus berlipat ganda. seorang pepatah mengatakan "investasi merupakan keajaiban dunia kedelapan karena bisa melipat gandakan uang yang disimpan setiap tahunnya"

        

        Namun tidak semudah membalikkan telapk tangan dalam memilih saham yang akan dibeli oleh investor pemula harus ada beberapa hal yang dipelajari agar saham perusahaan yang dibeli berkualitas dan bagus prospek kedepannya



        

        Berikut beberapa hal yang harus dilakukan bagi investor pemula:

    1. Memiliki sekuritas dengan Fee yang rendah

        Pasti banyak yang bertanya tanya apa itu sekuritas? nah sekuritas sendiri merupakan perantara investor dalam membeli saham , hal yang harus dilakukan adalah membuka rekening efek atau biasa disebut rekening sekuritas dari fasilitas yang telah diberikan oleh perusahaan sekuritas itu sendiri.


        setelah membuka rekening efek nantinya investor harus mengisi dana atau sejumlah uang yang ingin diinvestasikan kedalam rekening tersebut. uang tersebut nantinya berfungsi sebagai e-money yang digunakan investor untuk membeli saham yang diinginkan.


     Fee yang dimaksud adalah biaya transaksi dalam membeli dan menjual saham seorang investor. setiap perusahaan sekuritas memiliki Fee yang berbeda beda untuk itu pilihlah perusahaan dengan fee yang rendah agar lebih meminimalisir uang yang keluar dari seorang investor.


    2. Mulai Mempelajari Fundamental Perusahaan

            Dalam memilih perusahaan yang baik akan berbanding lurus dengan fundamental perusahaan yang baik, karena fundamental sendiri sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. dalam fundamental sendiri memiliki beberapa kriteria dalam penentuannya seperti: membaca PBV, EPS, hutang, Devident dan lain lain

     3. membaca laporan keuangan perusahaan

        penting bagi investor pemula untuk bisa membaca laporan keuangan perusahaan. Hal ini akan menjadi penentu yang baik dalam menentukan apakah perusahaan yang pilih ini baik atau tidak secara fundamental.


    4. melihat menejemen perusahaan

        menejemen perusahaan akan berpengaruh sekali apakah perusahaan layak dimiliki saham nya atau tidak. dengan kondisi menejemen yang baik pastinya akan berbanding lurus juga dengan kinerja perusahaan tersebut sehingga investor tidak kesulitan dalam memikirkan apa perusahaan yang dibeli sahamnya akan meningkat kinerjanya atau tidak


     5. meninjau prospek kerja perusahaan

        sangat la penting bagi investor untuk melihat prospek kerja perusahaan kedepannya. apakah dalam 5 tahun kedepan perusahaan yang kita beli sahamnya masih akan utuh berkembang atau bahkan malah akan tutup. untuk itu kita bisa memperhitungkan jumlah hutang yang dimiliki perusahaan, laba, rugi bahkan berita yang beresadar dari perusahaan tersebut. jangan sampai kita masih memiliki sejumlah saham diperusahaan tersebut tetapi perusahaannya malah tutup.


  • 2 komentar:

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham