Daftar Isi

     Tips Memilih PTN (Perguruan Tinggi Negeri)

        



        Menjadi suatu fase yang sangat membingungkan ketika anak SMA harus berhadapan pada kenyataan bahwa dirinya harus melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi yaitu memasuki era Perguruan tinggi, banyak diantara mereka yang tidak tau mau kemana bahkan mau ngambil jurusan atau prodi apa yang cocok bagi dirinya.


        Bahkan tak banyak yang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena merasa sudah cukup dalam belajar, padahal sampai jenjang SMA saja tidak lah cukup dalam menghadapi dunia kerja. Tempat kerja atau dunia pekerjaan sendiri memiliki kriteria sendiri dalam memilih member karyawan perusahaannya. 


        Ada perusahaan yang bisa menerima tamatan diploma I sudah bisa bekerja, namun tak banyak perusahaan yang hanya menerima lulusan sarjana untuk itu sangat la penting bagi anak yang masih berada di fase kebimbangan dalam menentukan apakan dia harus melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi apa tidak

        

        Bukan hanya itu, dalam dunia pendidikan perguruan tinggi mahasiswa juga dituntun untuk memiliki pola pikir yang luas , mengubah mainset seseorang bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan butuh banyak pengalaman yang harus dihadapi, akan menjadi suatu masalah besar bagi seseorang yang sudah berada dizaman modern seperti sekarang ini tetapi tidak memiliki pola pikir yang baik. ketertinggalan akan menjadi akhir dari anak jika tidak memiliki itu.


        Financial keuangan keluarga menjadi penghalang selanjutnya yang harus dihadapi. Banyak orang tua bahkan anak itu sendiri yang sudah merasa tidak sanggup untuk melanjukan perguruan tinggi karena merasa keuangannya tidak cukup. padahal banyak sekali perguruan tinggi swasta dan negeri yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi dan beasiswa beasiswa lainnya sehingga urusan financial bukan menjadi suatu hal yang menakutkan.


        Untuk itu dibutuhkan mental yang kuat bagi anak dalam menghadapi kenyataan yang ada, belajar yang giat dan sungguh sungguh adalah kunci utama dalam dunia pendidikan, karena jika kesungguh sungguhan sudah ada dalam diri manusia, mau sesulit apapun keadaannya maka ia akan bisa melalui itu. 


        Setelah menjawab pertanyaan dengan jawaban iya, maka hal yang harus dihadapi adalah kemanakah pilihan prodi dan jurusan akan diambil?. bimbang, bingung dan dilema menjadi momok yang menakutkan bagi anak yang berada di fase ini, tetapi hal itu tidak berpengaruh bagi mereka yang telah mempersiapkannya dari jauh hari.




        Untuk itu Maruky.com merangkumnya dalam beberapa hal yang harus dilakukan anak tamat SMA untuk memilih prodi dan PTN yang akan dipilih:


        1. kenali diri sendiri


        Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri. seseorang harus tau apa yang menjadi skill. akan menjadi sesuatu yang menyenangkan jika yang ita pelajari adalah minat kita sendiri, selalu senang dalam melakukannya karna adalah sesuatu yang kita inginkan apalagi sudah menjadi hobi tersendiri dari prodi yang kita pilih, sehingga jika timbul suatu permasalahan atau kendala dalam belajar misalnya jenuh atau timbul rasa malah akan mudah dihadapi karena merupakan hobi dan minat kita sendiri

        2. Mengenali pilihan berdasarkan prodi

        Mengenali sesuatu yang akan kita pilih akan sangat menarik jika sudah mulai menjalaninya begitu juga dalam pengerjaannya juga akan terasa lebih muda walaupun akan banyak rintangan, tantangan dan kesulitan tetapi jika sudah mengetahui medan terur yang akan diterjang maka akan mempermudah kita. Maka dari itu untuk mengenali prodi yang kita pilih sangat lah penting seseorang mengenali beberapa hal penting diantaranya:

        a. Pahami mata kuliah dari prodi tersebut

        hal ini akan sejalan dengan apa yang akan kita pelajari dikemudian hari sehingga sebelum memilih prodi kita sudah mengukur seberapa sulit pelajaran yang akan kita hadapi seingga akan terasa mudah nantinya.
        

        b. Pahami akreditas dari prodi yang kita pilih

        sebenarnya ini tidak terlalu menjadi yang dipikirkan namun tetap bisa menjadi pertimbangan karena nantinya akan berbanding lurus dengan kampus mana yang akan kita pilih untuk menempuh pendidikan di prodi yang kita ambil.

        c. Dimana kampus mana saja prodi tersebut 

        Setelah pilihan sudah ditetapkan  maka kita bisa memilih dikampus mana yang memiliki prodi pilihan kita sehingga bisa menjadi tujuan. hal ini nantinya akan menjadi semangat tersendiri dalam memperjuangkan pilihan nya sebagai mahasiswa.



     

        3. Memilih berdasarkan kampus impian

        
        Menjadi sesuatu kebanggaan bisa menjadi mahasiswa pada salah satu kampus impian, sehingga menjadi semangat tersendiri dalam memperjuangkan kelulusan untuk menjadi mahasiswa dikampus tersebut. cara ini bisa menjadi pilihan untuk memilih kemana arah perguruan tinggi yang kita pilih, namun perlu diketahui kebiasaan mahasiswa yang memilih karena kampunya dan tidak memperdulikan prodi yang dia pilih (yang penting lulus disitu) akan menjadi kecanggungan sendiri ketika menghadapi pelajaran dan kuliahnya nanti, tetapi jika memiliki tekat dan kesungguhan yang kuat dalam diri mungkin saja bisa melewati itu semua

        4. Memilih berdasarkan daerah tempat kampus berada

        Kebiasaan memilih berdasarkan daerah tempat kampus berada biasa dibaringi dengan keinginan orang tua yang atau tempat tinggal yang menginginkan kita untuk tidak merantau atau jauh dari kampung. bisa saja dilakukan namun pilihan ini akan membatasi keangan anganan dan cita cita anak. namun kembali lagi itu semua tergantung diri kita menanggapi hal tersebut.


        Dengan demikian akan menjadi pilihan tersendiri bagi anda dalam memilih prodi dan kampus impian, sehingga bisa menjadi lebih optimal dan lebih efisien serta yang terpenting....
    SEMOGA LULUS!!!!!!





    NANTIKAN TIPS SELANJUTNYA DI MARUKY.COM !!!!!!!!!!!!

    Artikel Terkait:

    3 Komentar
    Urut dari yang terbaru terlama terbaik

    Terbaru

    Terlama

    Terbaik