• Media Pop up : Pentingnya Media Pop up dalam Meningkatkan Minat dan Semangat Siswa Belajar Sejarah

    Pentingnya Media Pop up


    Pentingnya Media Pembelajar  


    Dalam proses pembelajaran sejarah, diperlukan sebuah media untuk penyampaian materi. Salah satu komponen terpenting dalam proses pembelajaran sejarah adalah media pembelajaran. Media ini sangat berpengaruh terhadap minat dan semangat siswa untuk belajar sejarah. 



    Seperti yang diketahui bersama, bahwa pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang mudah membosankan dan kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan Paparan yang dilansir oleh Febriyanti dalam Republika.co.id (16 Maret 2017) bahwa peserta didik jika mendengar “pelajaran sejarah” seakan tidak peduli permasalahan pembelajaran sejarah di sekolah karena mereka menilai “merasa terpaksa” menghafalkan nama peristiwa, tahun dan pelaku sejarah. 



    Hal ini dapat terjadi karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang efektif dan lebih sering menggunakan metode sejarah. Selain hal tersebut, media yang digunakan kurang menarik, dan biasanya hanya menggunakan buku ajar, terkadang guru juga kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. 



    Keadaan ini akan berdampak pada semangat siswa yang turun, pembelajaran cepat membosankan, pelajaran tidak dicerna dengan baik, selain itu pembelajaran kurang efektif dan kurang optimal yang akan lanjut pada siswa untuk kurang minat terhadap sejarah. 




    Media Pembelajaran 



    Untuk itu perlu adanya media pembelajaran yang menarik minat siswa dalam pembelajaran sejarah. Menurut Schram (1997) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah tekonologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. 



    Senada dengan hal tersebut, menurut Hamalik (dalam Lestari, 2016) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah alat, metode, teknik yang digunakan untuk mengefektifkan, serta mengefisiensikan proses komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran disekolah atau luar sekolah. 



    Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang digunakan sebagai pembawa pesan (informasi) untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran dengan siswa. 



    Berdasarkan urgensi yang telah dipaparkan, diperlukan adanya media pembelajaran yang menraik perhatian siswa serta optimalisasi dan mengefektifkan pembelajaran sejarah. Beberapa media yang relevan untuk dipakai dalam pembelajaran sejarah. 



    Beberapa media pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta relevan diterapkan di sejarah antara lain : (1) Media Pop Up, (2) Film dokumenter sejarah, (3) Hand-Book dan Booklet, (4) Komik Sejarah, (5) Hisbook (History Book). 



    Kelima media tersebut merupakan media yang kreatif dan inovatif yang memiliki karakter berbeda . Dari kelima solusi tersebut, media Pop Up menjadi solusi yang diprediksi paling efektif dan efisien. 

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham