• Media Pop Up : Penerapan Media Pop Up Cocok Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah

    Penerapan Media Pop Up Cocok Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah


    Media Pop Up adalah salah satu media pembelajaran yang berbentuk buku. Media Pop Up ini dapat berupa 2 dimensi atau 3 dimensi. Media ini memiliki tampilan yang menarik, dan dapat memberikan gambaran visualisasi cerita yang menarik, sebab media ini memiliki cukup banyak bagian seperti foto-foto, gambar-gambar, dan tulisan-tulisan yang bentuknya menarik, indah dan kreatif. Selain itu, pada intinya memiliki bagiaan yang seakan-akan bergerak. 



    Kelebihan yang dimiliki dalam media ini yaitu terdapat bagian tampilan isi buku yang menarik. Media Pop Up ini memiliki keunggulan dalam hal tampilan serta memiliki visualisasi dan terdapat sesuatu yang bergerak dan timbul, yang terakhir yaitu  memiliki gambar, foto, atau tulisan yang menarik perhatiian orang. 



    Selain itu, media ini juga memiliki kekurangan yaitu memerlukan waktu yang cukup lama serta bahan dan alat yang digunakan cukup banyak, sehingga harus memiliki kedisiplinan dan ketekunan dalam proses pembuatan. 



    Medua  Pop Up ini dimulai dari persiapan pembuatan Pop Up yang terdiri dari pembuatan konsep dan pengumpulan bahan serta alat-alat yang diperlukan. Selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan, pada tahap ini dilakukan oleh guru dalam kelas. 



    Setelah poses pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up, tahapan yang terakhir yaitu melakukan proses evaluasi. Proses evaluasi dapat melibatkan dengan siswa serta guru dapat mengevaluasi sendiri proses pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up. 



    Berdasarkan ulasan pembahasan yang telah dipaparkan bahwa guru juga harus memiliki metode pembelajaran yang menarik. Selain hal tersebut, guru juga dapat lebih bisa memilah dan memilih media pembelajaran yang cocok digunakan dalam materi sejarah. Media Pop Up juga dapat menumbuhkan siswa-siswi untuk mencintai dan gemar membaca buku.




    Peranan orangtua juga harus andil dalam proses belajar anak. Maksudnya ialah bahwa orangtua juga dapat memfasilitasi anak-anaknya untuk belajar, contohnya memberikan buku Pop Up untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak. 




    Selain itu untuk para guru yang akan membuat media buku Pop Up dapat memanfaatkan barang bekas yang dapat digunakan kembali sehingga mengurangi pengeluaran biaya. Selain hal tersebut bahwa media Pop Up sangat cocok diterapkan pada siswa SD sebab paada masa ini keingintaahuan anak meningkat sehingga guru SD juga harus tanggap dalam media pembelajaraan dan tidak hanya buku saja yang digunakan

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham