• Republik Rakyat China (RRC) : Sejarah Singkat Republik Rakyat China, Pokok Dasar Dari Sosialisme

    Sejarah Singkat Republik Rakyat China


    REPUBLIK RAKYAT CHINA (RRC)

    Terbentuknya Republik Rakyat China tidak terlepas dari sejarah yang panjang. Dari masa kekaisaran dengan turunan dinasti yang banyak sampai kekaisaran yang terakhir runtuh yaitu Dinasti Qing  pada tahun 1911 dengan ditandai berdirinya Republik Tiongkok yang dipelopori oleh Sun Yat-Sen sekaligus sebagai presiden pertama tiongkok. 



    Selanjutnya muncul berbagai tokoh yang berhaluan kiri dari paham sosialis salah satunya adalah Mao Tse Tung. Dalam masa selanjutnya, terjadi pertikaian antara Partai Komunis China dan Partai Nasionalis China yang sangat panjang sampai perselisihan tersebut dimenangkan oleh Partai Komunis China. 



    Republik Rakyat Cina diproklamasikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Politik Rakya Cina, Mao Ze Dong, pada tanggal 1 Oktober 1949 di Beijing berdasarkan keputusan  Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Cina dalam siding yang diselenggarakan antara tanggal 21 sampai 30 september 1949. 



    Sejak beridirnya Republik Rakyat Cina maka di daratan Cina terdapat 2 lembaga induk politik yaitu : (1) Negara Republik Cina, (2) Partai Komunis Cina. ( Sukisman, 1993:47).  Dalam hal ini lembaga yang berkuasa di Cina tersebut tidak dapat dipisahkan. Partai Komunis Cina bergerak di ruang lingkup kehidupan antara Partai Komunis di seluruh dunia sedangkan Republik Rakyat Cina bergerak dalam ruang lingkup kehidupan negara. Sehingga 2 lembaga ini saling membantu satu dengan yang lain. Selain itu anggota dari Republik Rakyat Cina ini dipilih dari anggota aktif Partai Komunis Cina.  



    Dalam (Sukisman, 1993:47-48) dijelaskan mengenai dasar-dasar dan haluan politik RRC digariskan secara jelas oleh Program Bersama,dalam hal ini terdapat 10 dasar-dasar, tetapi ada beberapa pokok yang dasarnya dari sosialisme. 



    Pokok Dasar Dari Sosialisme adalah sebagai berikut :


    (1) Rakyat Cina bangkit dari status terjajah menjadi tuan rumah dari suatu masyarakat baru, serta telah menggantikan pemerintahan reaksioner yang feudal, kompradox, kediktatoran fasis Guo Min Dang, dengan suatu Republik Kediktaotoran Demokrasi Rakyat. 



    (2) kediktatoran Demokrasi Rakyat Cia adalah kawasan negara dari front  persatuan demokrasi rakyat,yang terdiri atas kelas buruh tani, borjuis kecil, borjuis nasioanl, dan lain-lain unsur demokrasi patriotis Cina, berdasarkan persekutuan antara kaum buruh dan kaum tani, dan dipimpin oleh kelas buruh. 



    (3) Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Cina yang terdiri atas para wakil dan dari Parta Komunis Cina, segenap partai-partai demokratis dan organisasi rakyat, wakil-wakil dari seluruh daerah, TPRC, segenap suku bangsa, Cina Persatuan, serta unsur demokratis patriotis lainnya, adalah bentuk pengorganisasian dari front persatuan demokrasi rakyat. 



    (4) RRC akan menyita modal-modal birokratis dan menjadikannya milik dari negara rakyat. 



    (5) Kongres Rakyat Cina adalah lembaga kekuasaan negara. 



    (6) RRC akan berusaha keras untuk melindungi hak-hak yang legal dan kepentingan-kepentingan dari orang-orang Cina yang bertempat tinggal di luar negeri. 



    Dalam dasar-dasar RRC tersebut , terungkap bahwa ada beberapa yang memiliki persamaan dengan ajaran ideology sosialisme, serta ada juga pemikiran dari tokoh Mao Tse Tung. Sehingga secara tidak langsung negara Cina mengadopsi dari berbagai ideology yang ada di dunia ini dan disesuaikan dengan kehidupan dan rakyat Cina. Ideology sosialisme dominan dalam Cina, namun komunis juga masuk dalam hal ini.      


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham