• Proses Integrasi Nasional di Indonesia : Modal Awal Integrasi Hingga Pasca Proklamasi, Konstitusi RIS dan Tujuan RIS

    Proses Integrasi Nasional di Indonesia


    Proses Integrasi Nasional di Indonesia 


    A. Modal awal Integrasi Nasional 

    adalah adanya rasa senasib dan sepenanggungan  yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Meski perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah pada selang waktu sebelum abad 20 dengan ditandai adanya sifat kedaerahan, akan tetapi, rasa senasib sepenanggungan yang ditunjukkan oleh para pejuang dan pandahulu  kita telah  mencerminkan  adanya benih-benih  yakni  semangat kebangsaan, yang pada gilirannya kelak akan membentuk keutuhan bangsa Indonesia. 



    Para putra daerah terlebih dahulu mempertahankan daerah nya masing-masing, dengan sikap mempertahankan ini akan menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan yang  nantinya akan menumbuhkan rasa senasib yang lebih besar lagi. 



    B. Memasuki pada abad 20, 

    gejala semangat kebangsaan semakin membara dan terlihat, dengan  munculnya  berbagai  organisasi  atau pergerakan  yang menjadi  salah satu titik awal  kebangkitan  nasional.  Perjuangan  melalui  berbagai  organisasi  seperti  contohnya Budi Utomo, Serikat Dagang Islam yang kemudian akhirnya menjadi Serikat Islam. Perhimpunan Indonesia dan lain sebagainya mencitrakan bahwa adanya Integrasi Sosial dan Kultural. 



    Bangsa Indonesia semakin sadar bahwasanya untuk menyatukan keutuhan Negara Indonesia ini kita harus bersatu, maka dari itu mulai tumbuhlah Integrasi Nasional, karena Intergrasi Nasional adalah proses untuk mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada. Jadi dimulai dari membuat organisasi untuk menyatukan pendapat-pendapat mereka, agar terjadinya mufakat yang lebih baik.



    C. Pada dekade 1920an, 

    para pemuda tampil di dalam panggung sejarah Indonesia dengan menyongsong  tema  persatuan  dan  kesatuan  untuk  menuju  Indonesia  yang  merdeka. Melalui peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, para pemuda menunjukkan segala peran serta dalam pembentukan integrasi nasional.


    Untuk menyatukan seluruh pemuda yang ada di Nusantara tidaklah mudah, tetapi dengan adanya tekad dan semangat yang kuat, mereka bisa mempersatukan seluruh pemuda yang ada di Indonesia. 


    Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut : 


    Pertama

    "Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe,  tanah air Indonesia."


    Kedua

    "Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa  Indonesia."


    Ketiga

    "Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."



    Berikut 9 organisasi pemuda yang turut andil dalam Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II:


    1. Jong Java

    Jong Java merupakan suatu organisasi kepemudaan yang didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo di Gedung STOVIA pada tanggal 7 Maret 1915 dengan nama awal Tri Koro Dharmo (TKD) (bahasa Indonesia: "Tiga Tujuan Mulia"). Perkumpulan pemuda ini didirikannya karena banyak pemuda yang menganggap bahwa Boedi Oetomo dianggap sebagai organisasi elit.



    2. Jong Ambon

    Jong Ambon adalah organisasi kepemudaan Ambon pada masa pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda. Maksud dan tujuannya adalah menggalang persatuan dan mempererat tali persaudaraan di kalangan pemuda-pemuda yang berasal dari daerah Ambon (Maluku). Salah satu tokoh Jong Ambon yang terkenal adalah Johannes Leimena.



    3. Jong Batak

    Jong Batak atau yang juga dikenal dengan nama Jong Bataks Bond adalah perkumpulan para pemuda yang berasal dari daerah Batak (Tapanuli), yang bertujuan untuk memperat persatuan dan persaudaraan di antara para pemuda yang berasal dari daerah tadi serta turut serta memajukan kebudayaan daerah. Salah satu tokoh yang terkenan dari organisasi ini adalah Amir Sjarifudin.



    4. Jong Sumatranen Bond

    Jong Sumatranen Bond (JSB) adalah perkumpulan yang bertujuan untuk mempererat hubungan di antara murid-murid yang berasal dari Sumatra, mendidik pemuda Sumatra untuk menjadi pemimpin bangsa serta mempelajari dan mengembangkan budaya Sumatra. Perkumpulan ini didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 di Jakarta. JSB memiliki enam cabang, empat di Jawa dan dua di Sumatra, yakni di Padang dan Bukittinggi.


    Beberapa tahun kemudian, para pemuda Batak keluar dari perkumpulan ini dikarenakan dominasi pemuda Minangkabau dalam kepengurusannya. Para pemuda Batak ini membentuk perkumpulan sendiri, Jong Batak.



    5. Jong Islamieten Bond

    Jong Islamieten Bond (JIB), atau biasa disebut Perhimpunan Pemuda Islam (PPI) merupakan organisasi perhimpunan pemuda dan pelajar Islam Hindia Belanda. JIB didirikan tanggal 1 Januari 1925 di Batavia.


    Organisasi ini bukanlah organisasi politik karena tidak terlibat dalam kegiatan politik, tetapi menyelenggarakan kursus-kursus pendidikan dan mempererat persatuan bagi pemuda dan pelajar Islam Hindia Belanda. Anggota JIB merupakan anggota dari Jong Sumatranen Bond, Jong Java, dan organisasi pemuda lainnya.



    6. Sekar Rukun

    Sekar Rukun merupakan suatu organisasi para pemuda Sunda yang didirikan oleh para siswa Sekolah Guru (Kweekschool) di Jalan Gunungsari, Batavia, pada tanggal 26 Oktober 1919. Sebagai premrakarsa berdirinya perkumpulan ini Doni Ismail, Iki Adiwidjaja, Djuwariah, Hilman, Moh. Sapii, Mangkudiguna, dan Iwa Kusumasumantri (siswa Rechtschool).



    7. PPPI

    Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia adalah suatu wadah organisasi pemuda yang didirikan pada tahun 1926 oleh Raden Tumenggung Djaksodipoera bersama 5 kawannya yakni Soegondo, Soewirjo, Goelarso, Darwis, dan Abdoellah Sigit, dengan alamat Jl. Kramat No. 106 Weltevreden Batavia.


    Organisasi ini menirukan Indonesisch Vereniging (Perhimoenan Indonesia) yang didirikan oleh Mohammad Hatta di Negeri Belanda tahun 1908.



    8. Pemuda Kaum Betawi

    Pemuda Kaum Betawi adalah wadah organisasi kepemudaan khususnya untuk para pemuda Betawi yang didirikan pada awal tahun 1927 yang diketuai oleh Mohamad Tabrani.


    Hingga akhir tahun 1926 belum ada wadah khusus organisasi kepemudaan Betawi. Sehingga para pemudanya banyak yang menjadi anggota dari Jong Java dan Sekar Roekoen karena merasa serumpun. Namun, lama kelamaan mereka merasa perlu untuk memiliki wadah tersendiri, sehingga dibentuklah organisasi kepemudaan ini.



    9. Jong Celebes

    Jong Celebes adalah organisasi pemuda yang menghimpun para pemuda pelajar yang berasal dari Selebes atau Pulau Sulawesi. Maksud dan tujuannya ialah mempererat rasa persatuan dari tali persasudaraan di kalangan pemuda pelajar yang berasal dari Pulau Sulawesi.


    Tokoh-tokohnya misalnya Arnlod Monotutu, Waworuntu, dan Magdalena Mokoginta (yang kemudia dikenal dengan Ibu Sukanto, Kepala Kepolisian Wanita Negara RI pertama).



    D. Pasca proklamasi kemerdekaan, 

    perjalanan bangsa Indonesia di dalam bernegara harus ditempuh  dengan  berbagai  peristiwa.  Berbagai  cobaan  yang  mengguncang  keutuhan bangsa   juga   dialami,   ancaman   dan   bahaya   terhadap   suatu   negara   yang   tengah membangung keutuhan bangsa harus bisa dihadapi. 


    Contohnya : 

    Peristiwa Gerakan 30 September 

    G30S merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini dipimpin oleh DN Aidit yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI).


    Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian. Periswa tersebut akan mengguncang keutuhan bangsa kita. 



    Dibentuknya RIS (Republik Indonesia Serikat) 

    Republik Indonesia Serikat atau RIS dibentuk pada tanggal 27 Desember 1949. Pembentukan RIS merupakan wujud kesepakatan antara Belanda, Indonesia dan Bijeenkomst voor Federal Overleg (BFO) dalam Konferensi Meja Bundar. Pada saat itu, kesepakatan disaksikan oleh perwakilan PBB yaitu United Nations Commission for Indonesia (UNCI). RIS diketuai oleh Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta selaku Perdana Menteri. Sejarah Republik Indonesia Serikat (RIS) tersebut meliputi proses terbentuknya RIS, Konstitusi RIS, serta permasalahan dalam pemerintahan RIS.


    Sejarah Republik Indonesia Serikat (RIS) dilatar belakangi oleh Agresi Militer Belanda ke II yang terjadi pada 19 Desember 1048. Pada Agresi Militer tersebut terjadi penyerangan Belanda terhadap Yogyakarta yang pada saat itu merupakan ibukota Indonesia. Selain itu, Moh. Hatta, Soekarno, Sjahrir beserta tokoh lainnya juga ditangkap oleh pihak Belanda. Karena Ibukota Indonesia telah dikuasai oleh Belanda, pihak Indonesia membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia atau PDRI yang bertempat di Sumatera. PDRI diketuai oleh Sjafruddin Prawiranegara. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah Republik Indonesia Serikat (RIS) yang meliputi proses terbentuknya RIS, Konstitusi RIS, dan permasalahan dalam pemerintahan RIS.


    I. Konstitusi RIS

    Pada saat Konferensi Meja Bundar, pihak BFO dengan Indonesia juga menandatangani perjanjian yang membahas tentang Konstitusi RIS. Perjanjian tersebut terjadi pada tanggal 29 Oktober 1949. Perjanjian Konstitusi RIS ditandatangani oleh pemimpin 16 negara atau daerah yang tergabung dengan RIS seperti:

    1. Susanto Tirtoprodjo (Negara Indonesia) berdasarkan Perjanjian 

    Renville

    2. Ide Anak Agoeng Gde Agoeng (Negara Indonesia Timur)

    3. Mohammad Jusuf Rasidi (Bangka)

    4. Jamani (Kalimantan Tenggara)

    5. Radja Mohammad (Riau)

    6. Sultan Hamid II (Daerah Istimewa Kalimantan Barat)

    7. Radja Kaliamsyah Sinaga (Negara Sumatera Timur)

    8. Djumhana Wiratmadja (Negara Pasundan)

    9. Abdul Malik (Negara Sumatera Selatan)

    10. Mohammad Hanafiah (Daerah Banjar)

    11. Muhran bin Haji Ali (Dayak Besar)

    12. Raden Soedarmo (Negara Jawa Timur)

    13. P. Sosronegoro (Kalimantan Timur)

    14. A. Mohammad Jusuf (Belitung)

    15. R.V. Sudjito (Jawa Tengah)

    16. A.A Tjakraningrat dari Negara Madura


    Menurut Konstitusi RIS dalam sejarah Republik Indonesia Serikat (RIS), membuat pembentukannegara federasi yang meliputi:


    • Negara Republik Indonesia yang mencakup beberapa wilayah yang termasuk dalam Perjanjian Renville.


    • Negara yang dibentuk Belanda melalui Konferensi Malino seperti Negara Indonesia Timur (Cokorde Gde Sukowati selaku Prediden dan Najamudin Daeng Maewa selaku Perdana Menteri), Negara Sumatera Timur (Dr. Mansyur selaku wakil), Negara Sumatera Selatan (Abdul Malik selaku wakil), Negara Madura (Cokroningrat selaku wakil), dan Negara Jawa Timur (Wiranata selaku wakil).


    Negara kesatuan yang dapat berdiri sendiri.


    Daerah yang bukan termasuk daerah bagian.


    II. Tujuan Dibentuknya RIS


    Tujuan dibentuknya negara RIS tidak lain adalah untuk memecah belah rakyat Indonesia dan melemahkan pertahanan Indonesia.


    1. Daerah Kekuasaan RIS 1 mencakup :

    a. Negara Pasundan

    b. Republik Indonesia

    c. Negara Jawa Timur

    d. Negara Indonesia Timur

    e. Negara Madura

    f. Negara Sumatera Selatan

    g. Negara Sumatera Timur

    2. Daerah Kekuasaan RIS 2 mencakup :

    a. Negara Riau

    b. Negara Jawa Tengah

    c. Negara Dayak Besar

    d. Negara Bangka

    e. Negara Belitung

    f. Negara Kalimantan Timur

    g. Negara Kalimantan Barat

    h. Negara Kalimantan Tenggara

    i. Negara Banjar


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham