• Pertubuhan Penduduk : Fertilitas sebagai Indikator Pertumbuhan Penduduk dan Konsep Fertilitas

    Pertubuhan Penduduk : Fertilitas


    Pengertian Fertilitas

    Fertilitas adalah kemampuan menghasilkan keturunan yang dikaitkan dengan kesuburan wanita (fekunditas).Fertilitas sebagai istilah demografi diartikan sebagai hasil reproduksi nyata dari seorang wanita atau sekelompok wanita (menyangkut banyaknya bayi yang lahir hidup). Pada penelitian ini konsep fertilitas adalah kelahiran hidup (live birth), yaitu terlepasnya bayi dari rahim seorang perempuan dengan ada tanda-tanda kehidupan; misalnya berteriak, bernafas, jantung berdenyut, dan sebagainya (Mantra, 2003:145). 



    Tinggi rendahnya tingkat fertilitas dapat menggambarkan kecepatan pertumbuhan penduduk suatu daerah atau negara (Mulyadi, 2006:18). Pertumbuhan penduduk tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan populasi di daerah atau negara tersebut. Dinh (1997:251) menjelaskan bahwa pertumbuhan populasi merupakan isu yang sangat penting bagi pembangunan jangka panjang pada suatu negara, dunia secara utuh, dan negara dunia ketiga yang sedang berusaha untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk dimana populasi tersebut berada.



    Fertilitas mempunyai kaitan erat dengan faktor ekonomi. Hal tersebut dikarenakan sejalan dengan pembangunan ekonomi, fertilitas lebih merupakan suatu proses ekonomis daripada proses biologis (Mundiharno, 1997:5).



    Fertilitas (kelahiran) merupakan salah satu indikator pertumbuhan penduduk, karena fertilitas merupakan salah satu faktor penambah jumlah penduduk selain migrasi masuk. Fertilitas juga dapat diartikan adalah kemampuan riil seorang wanita untuk melakukan pertambahan jumlah kelahiran. Fertilitas adalah hasil reproduksi yang nyata dari seorang wanita, fertilitas mengacu pada jumlah bayi yang lahir hidup. Konsep yang perlu dipahami berkaitan dengan fertilitas sebagai berikut:



    a. Lahir hidup (Live Birth)


    United Nation dan World Health Organization (WHO) mendefenisikan bahwa lahir hidup adalah suatu kelahiran seorang bayi yang menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan, seperti: menangis, adanya gerakan-gerakan otot, bernafas, jantung berdenyut, tanpa memperhitungkan lama bayi dalam kandungan.


    b. Lahir Mati (Still Birth)


    Lahir matia adalah kelahiran seorang bayi tanpa disertai adanya tanda- tanda kehidupan dari kandungan yang berumur paling sedikit 28 minggu.


    c. Abortus


    Abortus merupakan keluarnya janin dari dalam Rahim ibu yang disengaja (induced) dan tidak disengaja (spontaneous) penyebab abortus disengaja yaitu:


    - Berdasarkan alasan medis karena untuk menyelamatkan nyawa ibu


    - Tidak berdasarkan alasan medis


    d. Masa Reproduksi (Chilbearing age)


    Masa  reproduksi (Chilbearing age )Adalah masa dimana wanita mampu menhasilkan keturunan atau melahirkan bayi, disebut juga usia subur (15-49) tahun.


    e. Fecunditas


    Fecunditas adalah kemampuan secara potensial seorang wanita untuk melahirkan anak.


    f. Sterilisasi


    Sterilisasi adalah ketidak mampuan seorang pria atau wanita untuk menghasilkan suatu kelahiran.


    g. Natalitas


    Natalis Adalah kelahiran yang merupakan komponen dari perubahan penduduk.



  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham