• Pelajaran Yang Dapat Diambil Dari Hukum Dagang, Bursa Dagang, Bursa Efek, Perdagangan Berjangka Komoditi

    Hukum Dagang, Bursa Dagang, Bursa Efek, Perdagangan Berjangka Komoditi


    Hukum dagang merupakan salah satu spesialisasi dari ilmu hukum umum. Hukum dagang juga merupakan hukum yang mengatur hubungan antara suatu pihak dengan pihak lain yang berkenaan dengan urusan-urusan dagang,



    Dalam meningkatkan pembangunan ekonomi nasional dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya meningkatkan peranan bursa perdagangan. Bursa Perdagangan disebut merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran komoditas dan derivatifnya. Pihak penjual dan pihak pembeli barang- barang komoditas bertemu di bursa tersebut. 


    Bursa perdagangan dikatakan dapat meningkatkan pembangunan ekonomi nasional karena bursa perdagangan merupakan sarana melakukan aktivitas ekonomi dengan menjual dan membeli barang komuditi tertentu. Semakin meningkatnya aktivitas bursa perdagangan maka aktivitas ekonomi nasional akan semakin meningkat. Saat ini bursa dagang yang ada di Indonesia adalah Bursa Efek dan Bursa Berjangka Komoditi Yang nantinya akan dibahas dalam makalah ini.


    Kesimpulan Singkat


     1. Pengertian hukum dagang yang merupakan salah satu spesialisasi dari ilmu hukum umum. Hukum dagang juga merupakan hukum yang mengatur hubungan antara suatu pihak dengan pihak lain yang berkenaan dengan urusan-urusan dagang. Didalam hukum dangan terdapat juga pembahasan mengenai Bursa dagang. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 59 disebutkan bahwa Bursa perdagangan adalah pertemuan para pedagang, juragan kapal, makelar, kasir dan orang- orang lain yang bersangkut-paut dengan perdagangan.



    2. Kita sudah mengetahui bahwa Bursa merupakan tempat perkumpulan para penjual dan pembeli tanpa adanya interaksi antara penjual dan pembeli, sedangkan efek adalah bentuk dari apa yang di perjual belikan dari pedagang. Jadi pengertian itu di gabungkan menjadi satu, pengertian bahwa bursa efek merupakan tempat para pedagang yang menyediakan sarana dan prasarana untuk mempertemukan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli dengan tujuan untuk memperdagangkan efek di antara mereka, efek yang di maksud di sisni yaitu surat berharga, obligasi, saham dan lain sebagainya. Adapun fungsi dari Bursa Efek adalah sebagai berikut: Menyediakan sarana perdagangan, Membuat aturan di bursa, Menyediakan informasi pasar dan .Memberikan pelayanan kepada anggota bursa, emiten, dan publik



    3. Menurut UU Nomor 32 Tahun 1997 tentang perdagangan berjangka komoditi sebagai landasan hukum pelaksanaan perdagangan berjangka di Indonesia, perdagangan berjangka adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual-beli komoditi yang penyerahannya dilakukan di kemudian

     


    hari berdasarkan kontrak berjangka atau opsi atas kontrak berjangka. Dalam kontrak berjangka tidak selalu dilakukan dengan penyerahan fisik, karena di bursa yang dilaksanakan adalah paper trading, yakni kontrak berjangka yang diperjualbelikan.



    Saran


    Dalam isi Tulisan ini, penulis menyarankan Bagi setiap calon pengusaha dalam membangun suatu usaha sebaiknya memperhatikan peraturan UU no. 15 tahun 1952 tentang bursa dan pasal 59 KUHD serta peraturan-peraturan pendukung lainnya yang dapat dijadikan sebagai pegangan dalam pembentukan usaha. Karena pada umumnya semua pengusaha mempunyai satu pilar utama yang sama yaitu keuntungan yang banyak dan memperkecil skala kerugian yang terjadi, yang jelas semua tindakan pengusaha harus dalam jalur yang tidak bertentangan dengan peraturan ini.



    Jangan tergiur dengan penawaran-penwaran perdagangan berjangka komoditi, bisa jadi apabila kita mudah tertarik dengan tawaran tersebut dan kita mencobanya, bisa berkemungkinan akan terperangkap dalam penipuan mereka. Biasanya penipuan ini di lakukan oleh pihak yang mengatasnamakan perusahaan yang ternyata perusahaan itu tidak terdaftar dalam Bapepti atau perusahaan tak berizin hal ini sangat berbahaya bagi kita, apabila sekarang kita sudah masuk di era dunia yang penuh dengan kecanggihan dunia digital.



    Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan maka langkah yang harus kita lakukan itu dengan melihat atau menyelidiki apakah penyelenggara ini sudah terdaftar dalam Bapepam atau belum.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham