• Ketahanan Pangan : Permasalahan Serta Solusi permasalahan ketahanan pangan di Indonesia

    Permasalahan Serta Solusi permasalahan ketahanan pangan di Indonesia


    Permasalahan ketahanan pangan di Indonesia


    Dalam hal ini negara Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat banyak sehingga pasti memicu permasalahan-permasalahan yang di hadapi pemerintah di dalam ketahanan pangan. Oleh karena itu tidak hanya satu permasalahan tetapi banyak faktor yang menyebabkan permasalahan itu timbul, antara lain: 



    1. Laju Pertumbuhan Penduduk Meningkat


    Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan angka kelahiran yang disebabkan karena banyak faktor, salah satunya yaitu banyak pernikahan dini yang dilakukan oleh para remaja. Sehingga ini menjadi pokok permasalahan pemerintah. Dampak dari laju pertumbuhan ini yaitu menambah beban permasalahan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan tersebut.



    2. Peralihan Fungsi Lahan


    Permasalahaan lahan di Indonesia juga merupakan hal yang serius di hadapi Indonesia. Dengan bukti banyak sekali lahan yang di ahlihkan fungsi untukdijadikan beberapa kepentingan masyarakat umum  serta kepentingan pemerintah. 



    Salah satunya yaitu wilayah pertanian yang fungsinya dialihkan sebagai tempat perumahan dan bangunan lainnya, sehingga ini menyebabkan berkurangnya lahan pertanian di Indonesia. 



    3. Persaingan Pabrik


    Tidak hanya manusia yang juga membutuhkan pangan , tetapi juga pabrik sangat membutuhkan bahan-bahan yang dijadikan olahan pabrik. Seperti jagung, tidak hanya manusia yang juga mengkonsumsi pabrik tetapi juga pabrik membutuhkan jagung untuk kepentingan produksi olahan dalam memenuhi kebutuhan permintaan pasar. Sehingga jumlah barang dan kebutuhan tersebut tidak seimbang sehingga terjadi persaingan kebutuhan pemenuhan pangan.



    4. Rumah Tangga Pertanian Berkurang


    Kebutuhan yang semakin banyak dan menuntut petani tersebut dalam pemenuhan kebutuhan sehingga menuntut petani untuk mencari pekerjaan dengan hasil yang lebih besar dari penghasilan sebagai petani. Didalam bertani itu banyak rintanganya, dalam suatu menaman tanaman kadang tidak berhasil karena terjadi kegagalanan panen yang disebabkan hama atau penyakit.



    5. Ketergantungan Impor dalam pemenuhan pangan


    Keadaan masyararakat Indonesia saat ini adalah masyarakat yang konsumtif. Namun masyarakat lebih suka membeli produk luar negeri daripada produk dalam negeri. Hal itu membuat produk dari dalam negeri tidak laku dan produksinya menjadi menurun. 



    Alasan masyarakat lebih memilih produk dari luar negeri adalah dari segi kemasan dan kualitasnya.selain itu, pola hidup masyarakat menjadi masyarakat konsumtif yang suka dengan makanan yang cepat saji seperti mi instan,fried chicken,steak,dll.



    Solusi permasalahan ketahanan pangan di Indonesia


    Solusi untuk permasalahan ketahanan pangan di Indonesia antara lain:


    1. Memanfaatkan lahan yang sempit untuk budidaya sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan khususnya sayuran


    2. Meningkatkan kualitas dan mutu pangan di Indonesia


    3. Pemerataan sembako


    4. Meningkatkan daya saing agar dapat berkompetisi dengan produk impor terutama produk impor dari China


    5. Dengan cara menginpor untuk memenuhi kebutuhan.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham