• Cara Mengatasi Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

    Cara Mengatasi Ancaman Terhadap Integrasi Nasional


    Cara Mengatasi Ancaman 


    1. Membangun menghidupkan terus komitmen kesadaran dan kehendak untuk bersatu


    Maksudnya kita sebagai warga negara indonesia harus mempunyai keinginan dan komitmen yang kuat untuk persatuan bangsa indonesia. Kita harus sadar bahwa faktor pendorong kita untuk bersatu adalah karna keadaan senasib. Oleh karena itu, bangsa indonesia harus lah bersama sama membangun komitmen agar kehendak bersatu tercapai 


    2. Menciptakan kondisi dan pembiasaan diri untuk selalu membangun persatuan  dan kesatuan bangsa


    Maksud nya disini, kita tau bahwa kita sudah senasib dan kita mengumpul kan komitmen dan niat kita untuk bersatu. Salah satu cara agar kita dapat membangun persatuan dan kesatuan bangsa iyalah tidak memandang siapa saja,baik suku agama dan ras oleh karena itu. Dengan timbul nya sikap ini, rasa saling toleransi akan muncul pada diri kita. 


    Toleransi merupakan hal yang penting dalam mempersatukan bangsa karena, bangsa indonesia merupakan bangsa yang memiliki perbedaan perbedaan baik suku agama dan sebagainya, juga untuk sesama warga indonesia saling tolong menolong agar muncul rasa persaudaraan yang kuat.


    3. Membangun kelembagaan (pranata) yang berakarkan nilai dan norma yang menyatukan persatuan dan kesatuan bangsa 


    Disini dijelas kan bahwa untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa .kita harus membentuk yang namanya kelembagaan agar tujuan persatuan tercapai dan disini kita juga dituntut agar lembaga yang kita bentuk mempunyai nilai nilai dan norma yang mempersatukan bangsa. Oleh karena itu kita kumpul kan orang orang yang berniat dengan ikhlas sepenuh hatinya. Dalam menjalankan kelembagaan ini agar tercapai cita cita persatuan bangsa indonesia.


    4. Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret tegas dan tepat dalam aspek kehidupan dan pembangunan bangsa yang mencerminkan keadilan bagi segala pihak, maupun semua wilayah


    Maksudnya dalam mencapai tujuan setelah dibentuk kelembagaan .kita harus lah waspada dengan masalah masalah yang datang ke indonesia. Oleh sebab itu tidak hanya satu pendapat cukup untuk kita mengambil tindakan atau keputusan dalam hal ini kita harus melaku kan musyawarah. 


    Dalam musyawarah tersebut harus lah tidak ada yang dirugikan dan dalam musyawarah itu melahir kan kesepakatan bersama untuk mencapai keadilan tersebut .musyawarah tujuannya adalah menyepakati bersama keputusan atau tindakan yang ingin di ambil dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu musyawarah sangatlah penting. Bangsa ini butuh aspirasi dari rakyat. Oleh karena itu kita sebagai warga indonesia juga bebas berargumen dan perbedaan tersebut jangan malah memecah belah kan kita tapi untuk mencapai kesepakatan bersama.


    5. Upaya bersama dalam pembinaan integrasi nasional memerlukan sosok yang arif, bijaksana, dan efektif


    Dalam hal ini sebuah kelembagaan dibentuk harus lah mempunyai pemimpin dan pemimpin tersebut bukanlah orang yang asal-asalan. Kita membutuhkan pemimpin yang adil pemimpin yang bijaksana. Oleh karena itu tugas kita memilih pemimpin yang benar benar sesuai dengan kriteria yang di ingin kan oleh rakyat kita lihat banyak sekarang orang yang hanya mementingkan kebutuhan sesaat tanpa melihat dampak kedepannya. 


    Contoh pemilihan DPRD jika yang saya lihat sangat banyak kasus penyuapan. Contohnya calon anggota legislatif memberikan uang kepada masyarakat agar memilih nya pada pemilu, ini yang harus dihindari ini yang harus di tolak, karena dampak kedepannya sangat berbahaya untuk kita jadi oleh sebab itu, kita harus tau dulu bagaimana kriteria pemimpin, barulah kita memberikan hak suara kita demi tercapai indonesia yang adil serta tercapai juga persatuan bangsa.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham