• Bursa Efek : Pengertian Bursa efek , Bursa Efek Indonesia (BEI)

    Pengertian Bursa efek , Bursa Efek Indonesia (BEI)


    Bursa Efek


    Pengertian Bursa Efek


    Pada dasarnya Bursa efek adalah sebuah pasar. Namun pasar ini berkaitan dengan pembelian serta penjualan efek pada sebuah perusahaan yang telah terdaftar di bursa.


    Bursa sendiri memiliki arti sebuah tempat jual beli, sementara efek sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 1995, tentang pasar modal3 adalah sebuah barang yang didagangkan di tempat jual beli tersebut. Efek yang dimaksud termasuk surat-surat berharga seperti saham dan obligasi.


    Bursa efek itu sendiri berisi banyaknya kumpulan pasar juga pertukaran, yang terdapat aktivitas reguler pembelian, penjualan, dan juga sebuah percetakan saham perusahaan secara publik. Bursa efek menyediakan sebuah lingkungan aman dan beregulasi yang mana pelaku pasar bisa membeli atau menjual saham dan instrumen lain yang sesuai syarat dengan keyakinan risiko operasional nol hingga rendah.


    Bursa Efek Indoesia (selanjutnya disebut sebagai “BEI” atau “Perseroan”) sebagai fasilitator dan regulator pasar modal di Indonesia memiliki komitmen untuk menjadi Bursa Efek yang sehat dan berdaya saing global. Wujud komitmen ini adalah dengan memasukkan penerapan GCG menjadi bagian dari misi BEI dalam rangka meningkatkan daya saing untuk menarik investor dari emitmen. Di samping itu implementasi GCG pada BEI dapat berdampak positiif pada terciptanya akuntabilitas perseroan, transaksi yang wajar dan independent, serta kehandalan dan kualitas informasi keuangan untuk publik.4


    Bursa saham biasanya menjadi satu komponen penting di sebuah pasar saham. Tidak ada keharusan untuk mencetak saham melalui bursa saham itu sendiri. Saham juga tidak harus di perjual belikan pada bursa tersebut. Untuk saham yang telah terdaftar perdagangannya perlu melapor pada bursa terkait.


    Penawaran pertama saham diindikasikan sebagai pasar perdana atau pasar utama dan perdagangan selanjutnya disebut pasar sekunder. Di Indonesia, terdapat Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange sebagai organisasi dan menawarkan sistem dana dan penawaran untuk mengumpulkan penawaran jual dan beli efek lain bertujuan menjualkan efek di antara mereka. BEI sendiri adalah lembaga resmi dari pemerintah Indonesia, yang bertugas memfasilitasi segala jual beli saham perusahaan.




  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham