• Sistem Informasi kependudukan : Konsep Dasar. Administrasi Kependudukan, Manajemen Data, Karakter, Perancang

    Sistem Informasi kependudukan


    Sistem Informasi Kependudukan


    Sistem informasi administrasi kependudukan (siak) merupakan salah satu sistem yang ada di setiap kecamatan untuk proses administrasi kependudukan. Dari data kependudukan yang diperoleh dari hasil sensus dan survey kemudian diolah dengan siak sehingga menghasilkan suatu informasi kependudukan. Informasi kependudukan hasil siak dapat membantu dalam pelayanan administrasi kependudukan di pemerintahan tersebut. Pelayanan yang ada disistem SIAK saat ini hanya untuk proses pembuatan dan pengurusan KTP dan KK saja, yang sebenarnya dari data kependudukan bisa untuk proses lain yang berhubungan atau menggunakan data kependudukan. Informasi kependudukan juga diperlukan untuk penyusunan profil perkembangan kependudukan. Profil perkembangan kependudukan berisi tentang gambaran kondisi, perkembangan dan prospek kedudukan suatu daerah untuk memberikan Informasi, pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pembangunan kependudukan.



    Tetapi sistem tersebut masih memiliki kelemahan diantaranya belum adanya pelayanan informasi profil kependudukan. Fungsi dari informasi profil kependudukan yaitu membantu mempercepat penyusunan profil perkembangan penduduk di masing-masing kecamatan. Informasi profil kependudukan antara lain data rasio jenis kelamin tingkat penghasilan penduduk, tingkat pendidikan penduduk, rasio umur dan rasio jenis perkerjaan.



    1. Konsep dasar sistem



    Sistem merupakan istilah dari bahasa Yunani "system" yang artinya adalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama.



    2. Sistem informasi administrasi kependudukan



    Siak adalah sistem informasi administrasi kependudukan, yaitu sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur-prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem Administrasi kependudukan sehingga tercapai tertip administrasi dibidang kependudukan. Administrasi kependudukan meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.



    3. Sistem manajemen data



    Sistem manajemen basis data atau database management system(DBMS) adalah sistem yang berbentuk suatu rangkaian dan metode yang memungkinkan pemberian definisi, penciptaan, perubahan, pembacaan, pengendalian, pemeliharaan dan perlindungan terhadap database.



    4. Pengertian sistem informasi



    Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.



    5. Karakteristik sistem informasi



    Sebuah sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang mencirukan bahwa hal tersebut biasa dikatakan sebuah sistem(sutabri 2005). Karakteristik-karakteristik tersebut adalah: Komponen sistem (Components), Batasan sistem (Boundary), Lingkungan luar sistem (Environment), Penghubung sistem (Interface), Masukan sistem (Input), Keluaran sistem (Output), Pengolahan sistem (Proccess), dan Sasaran sistem (Objective).



    6. Analisa dan perancangan sistem



    Analisa sistem dilakukan dalam membangun sebuah aplikasi dengan tujuan untuk memahami permasalahan yang ada pada sistem, menganalisis sistem yang lama dapat mengetahui ruang lingkup yang ada yaitu meliputi proses pengolahan informasi, pengolahan data penduduk, pengelolahan data, kelahiran penduduk, pengelolahan data kematian penduduk dihasilkan pembuatan surat pengantar untuk diberikan kepada warga.



    7. Perancangan basis data



    Perancangan basis data merupakan bagian yang terpenting dalam menyusun sebuah program aplikasi.


     



  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham