• Psikologi Pesan, Pesan Verbal (Linguistik), Pesan Nonverbal : Pengertian, Fungsi , Contoh

    Psikologi Pesan, Pesan Verbal (Linguistik), Pesan Nonverbal


    Dalam kehidupan sehari-hari seseorang melakukan komunikasi, baikantarindividu maupun dengan kelompok. Selama proses komunikasi, komunikatormemiliki peranan yang sangat penting dalam menyampaikan pesan. Seorangkomunikator dituntut untuk dapat menyampaikan pesan dengan baik, diterimaoleh komunikan, menghasilkan umpan balik, dan memiliki efek persuasif.Artinya, dalam komunikasi yang efektif, dibutuhkan komunikator yangkompeten. Misalnya saja, saat ada seseorang yang mengajarkan sekumpulan anak-anak membaca. Orang lain dapat berasumsi bahwa orang tersebut adalah guru.Anak-anak yang diajari membaca juga akan menganggap orang tersebut adalahguru karena telah mengajari mereka membaca.Itulah yang disebut dengan psikologi komunikator. Untuk dapat dipercayaiorang lain diperlukan, bukan saja, bias/dapat berbicara, melainkan memerlukanpenampilan yang meyakinkan. Dalam makalah ini akan menjelaskan sedikit tentangkarakteristik dari komunikator serta faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasidari psikologi komunikator.



    A. PSIKOLOGI PESAN



    Dalam ilmu psikologi pesan terdapat konsep yang berupa teknik pengendalian perilaku orang lain yang disebut bahasa. Bahasa adalah pesan dalam bentuk kata-kata dan kalimat, yang disebut linguistik. Bahasa merupakan seperangkat katayang disusun secara berstruktur sehingga menjadi suatu kalimat yangmengandung makna (Riswandi, 2009). Setiap manusia mengucapkan kata-kataatau kalimat dengan cara-cara tertentu untuk mengendalikan perilaku orang lain.Setiap cara berkata memberikan maksud tersendiri. Cara-cara tersebut adalah  pesan paralinguistik.



    Misalnya seorang anak berteriak “Bapak!” kemudian menggerakkan seorang laki-laki mendekat kepadanya. Manusia jugamenyampaikan pesan dengan cara-cara lain selain dengan bahasa, misalnyadengan isyarat, biasa disebut sebagai pesan ekstralinguistik.Pesan  merupakan salah satu unsur yang penting dalam berkomunikasi, sehinggamakna  dari pesan itu sendiri memperlancar interaksi sosial antar manusia.Sementara tujuan dari komunikasi akan tercapai bila makna pesan yangdisampaikan komunikator sama dengan makna yang diterima komunikan. Pesandisampaikan melalui dua bentuk, yaitu pesan verbal dan nonverbal.



    B. Pesan Verbal (Linguistik)



    Pesan verbal atau pesan linguistik adalah pesan yang digunakan dalamkomunikasi menggunakan bahasa sebagai media. Pesan verbal di transmisikanmelalui kombinasi bunyi-bunyi bahasa dan digunakan untuk menyampaikan pikiran, perasaan dan maksud. Dengan kata lain, pesan verbal adalah pesan yangdiungkapkan melalui bahasa yang menggunakan kata-kata sebagai media penyimpanan gagasan, ide, dan informasi.



    Bahasa dapat memecahkan persoalan dan menarik kesimpulan. Bahasamemungkinkan kita untuk menjadi (code) . peristiwa dan objek dalam bentuk kata-kata. Dengan bahasa, kita dapat mengabstraksikan pengalaman kita, danmengomunikasikan kebanyakan pemikiran kita kepada orang lain dan menerima pemikiran lainnya.


    Menurut George A. Miller, untuk mampu menggunakan bahasa kita harus menguasai 


    1.fonologi: tentang bunyi-bunyi dalam bahasa,


    2. sintaksis: cara pembentukan kalimat, dan


    3. semantic:leksikal arti kata atau gabungan kata-kata.


    4. tahap keempat: kita harus memiliki pengetahuan konseptual tentang dunia tempat tinggal kita dan dunia yang kita bicarakan,


    5. tahap kelima: kita harus mempunyai semacam sistem kepercayaan untuk menilai apa yang kita dengar.


     

    C. Pesan nonverbal



    Pesan nonverbal yaitu pesan yang menggunakan isyarat sebagai mediakomunikasi. Larry A. Samovar dan Richard E. Porter mengemukakan bahwakomunikasi nonverbal mencakup semua rangsangan (kecuali rangsangan verbal) dalam suatu setting  komunikasi yang dihasilkan oleh individu dan penggunaanlingkungan oleh individu yang mempunyai nilai pesan potensial bagi pengirimatau penerima (Riswanto, 2009).


    Mark L. Knapp juga mengemukakan fungsi pesan nonverbal antara lain:


    1. Repetisi, mengulang kembali gagasan yang sudah di sajikan secara verbal.Contoh: seseorang menjawab “ tidak ” sambil menggelengkan kepalanya.


    2. Substitusi, menggantikan lambang-lambang verbal. Contoh: seseorang tidakmengatakan sepatah katapun tetapi ia menggeleng maka orang lain akan tahu bahwa itu sebagai tanda tidak setuju.


    3. Kontradiksi, memberikan makna lain terhadap pesan verbal. Contoh:seseorang mengiyakan dan menganggukan kepala saat diminta mendekatnamun dia lari secepat- cepatnya.


    4. Komplemen, melengkapi dan memperkarya pesan non verbal. Contoh: wajahmemelas menunjukkan tingkat penderitaanyang tidak terungkap dengan kata.


    5. Aksentuasi, menegaskan pesan non verbal. Contoh: kekesalan diungkapkandengan memukul lemari

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham