• Hewan yang tidak mempunyai alat pencernaan makanan termasuk kelompok …..

    Hewan yang tidak mempunyai alat pencernaan makanan termasuk kelompok …..


    A. Nematoda


    B. Turbelaria


    C. Annelida


    D. Tramatoda


    E. Cestoda


    JAWABAN: E. Cestoda


    PEMBAHASAN:


    Cestoda merupakan cacing pita (Taenia) yang tidak mempunyai alat pencernaan seperti mulut, kerongkongan, lambung, dan usus. Karena sari makanan dari inang langsung diambil (diabsorpsi) lewat dinding tubuh cacing tersebut. Pada Trematoda ada mulut, kerongkongan, usus gastrovasculer yang tidak beranus.



    annelida merupakan cacing yang memiliki bentuk tubuh bersegmen, hewan ini juga memiliki bentuk tubuh seperti susunan cincin, gelang gelang, dan ruas ruas. tubuhnya dilapisi oleh kutikula, bersegmen, dan dibatasi oleh sekat yang berbentuk seperti cincing atau gelang.



    Tramatoda merupakan cacing yang secara morfologinya berbentuk seperti daun, pipih, dan melebar ke interior. cacing ini memiliki batil isap mulut dan batil isap perut yang besar nya hampir sama.



    Nematoda merupakan spesies cacing parassit yang bisa hidup dimana saja seperti air, tanah, air assin , tanaman dan hewan. nematoda juga bersifat patogen menyerang, nematoda dapt menyebabkan gangguan pada pertumbuha dan berefek pada penrunan kualitas dan kuantitas hasil panen.



    Turbellaria merupakan classis pada platyhelminthes yang dapat bergerak dengan menggetarkan bulu getarnya. Cacing pipih jenis inihidup secara bebas (bukan parasit) dan tidak memiliki alat hisap.Tempat hidupnya di air atau tempat lembab, dan tidak hidup padatempat yang terkena cahaya matahari langsung.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham