• Frasa keagamaan dalam ruang lingkup pendidikan terkait sebagai calon pendidik dalam profesi pendidikan. "Religious phrases in the education roadmap are related as candidates for education in the educational profession."

    pentingnya frasa agama dalam ruang lingkup pendidikan


    Frasa keagamaan dalam ruang lingkup pendidikan terkait sebagai calon pendidik dalam profesi pendidikan.

    Religious phrases in the education roadmap are related as candidates for education in the educational profession.





    Dalam sebuah pandangan, agama adalah hal yang penting dan fundamental dalam kehidupan manusia, dan memiliki aturan yang secara langsung terkait dengan individu yang bersangkutan. Bahkan dalam Pembukaan UUD dan Pancasila dibahas tentang "frase agama". Agama memberikan atau membimbing arah hidup seseorang ke arah yang lebih baik di masa depan. Apalagi negara Indonesia hidup berdasarkan agama berdasarkan syariatnya masing-masing.


    In a opinion, religion is an important and fundamental thing in human life, and has rules that are directly tied to the individual concerned. Even in the Preamble to the Constitution and Pancasila, it discusses "religious phrases". Religion provides or guides a person's life direction for the better in the future. Moreover, the Indonesian state lives based on religion based on its respective Shari'a.





    Agama adalah sistem yang mengatur sistem keimanan dan pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta aturan-aturan yang berkaitan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.


    Religion is a system that regulates the system of faith and worship of God who is almighty and the rules related to the association of humans and humans and their environment.





    Pendidikan agama seseorang sangat dibutuhkan karena pendidikan agama merupakan sumber pedoman hidup individu dan kelompok, guna mengatur tata cara hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dan manusia, serta merupakan tuntutan atas asas benar atau salah. Jadi pendidikan agama sangat diperlukan karena dengan kita mendapatkan pendidikan agama, seseorang bisa menjadi sadar akan pentingnya belajar agama.


    A person really needs religious education because religious education is a source of life guidelines for individuals and groups, in order to regulate the procedures for human relations with God and humans and humans, and is a demand for the principle of right or wrong. So religious education is very necessary because with us getting religious education someone can become aware of the importance of studying religion.





    Pendidikan dan agama memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup manusia. Dengan pendidikan dan agama, manusia akan memiliki akhlak yang beradab dalam interaksi sosial. Pendidikan dan agama harus sama-sama tangguh agar banyak hal yang tidak diinginkan terjadi, banyak ilmuwan yang gila karena tidak mampu menerima tingginya ilmu yang dipelajarinya. Agama akan membantu seseorang tetap dalam emosi yang stabil, dengan tetap menyadari bahwa ada orang yang lebih pintar darinya.


    Education and religion have an important role in human survival. With education and religion, humans will have civilized morals in social interaction. Education and religion must be equally tough so that many unwanted things happen, many scientists are crazy because they are unable to accept the high level of knowledge they are learning. Religion will help someone stay in a stable emotion, still realizing that there are people who are smarter than him.





    Untuk itulah, menurut pandangan ini, jika frase agama dalam ruang lingkup pendidikan dihilangkan atau tidak dimasukkan dalam draft maka akan sangat mengganggu proses pembelajaran di dunia pendidikan, mengurangi tuntunan atau pegangan dasar kehidupan manusia dan mungkin juga membuat guru dan murid bahkan lebih cuek dengan ajaran agama. atau hanya fokus pada sains saja. Padahal, setiap kompetensi inti pembelajaran mengandung pengabdian kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.


    For this reason, based on this view, if the phrase religion in the education roadmap is eliminated or not included in the draft, it will greatly interfere with the learning process in education, reduce the basic guidance or grip of human life and may also make teachers and students even more ignorant of religious teachings. or just focus on science only. In fact, each core competency of learning contains our devotion to God Almighty.





    Begitu pula bahwa seorang guru yang profesional juga harus memahami secara religius bagaimana hubungan yang baik dengan pencipta dan sesama manusia, karena pada kenyataannya agama sudah membahas tentang akhlak, etika, dan berbagai tingkah laku serta cara hidup manusia.


    so as that a professional teacher must also understand religiously how a good relationship is to the creator and fellow humans, because in fact religion already discusses morals, ethics, and various human behaviors and ways of life.





    Karena di Indonesia, "frasa agama" sangat mendasar dalam setiap aspek kehidupan, sehingga penghapusan "frasa agama" tentu mengundang pro dan kontra. Apalagi dalam dunia pendidikan, dimana dunia pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang menjadi sorotan. Untuk itu, sangat penting untuk menambahkan "Frasa Religius" ke dalam ruang lingkup pendidikan. Calon pendidik dalam profesi pendidikan sangat perlu menerapkan agama sebagaimana tertuang dalam kompetensi inti pembelajaran pada saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar.


    Since in Indonesia, "religious phrases" are very basic in every aspect of life, so the elimination of "religious phrases" certainly invites pros and cons. Especially in the world of education, where the world of education is an aspect of life that is in the spotlight. For that, it is very important to add "Religious Phrases" into the road map of education. A prospective educator in the educational profession really needs to apply religion as stated in the core competencies of learning when carrying out teaching and learning activities.



    special thanks to L.P. Silaban
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham