• Berikut yang merupakan contoh tumbuhan gymnospermae adalah...

     Berikut yang merupakan contoh tumbuhan gymnospermae adalah...


    a.         pisang, padi. tomat


    b.         kelapa, bambu, rumput gajah


    c.         aren, pisang, palem


    d.         pakis haji, pinus, melinjo/tangkil


    e.          pinus, pakis haji, mangga



    Jawab             : D. pakis haji, pinus, melinjo/tangkil



    Pembahasan  :


    contoh tanaman gymnospermae : 


    berdasarkan morfologinya contoh tanaman gymnospermae sebagai berikut : Cycas rumphii (pakis haji), Pinus merkusii (pinus), Ginkgo biloba, dan Gnetum gnemon (melinjo).




    Cycadophyta, yang memiliki ciri khas yaitu memiliki batang yang tidak bercabang dan berdaun majemuk. Salah satu contohnya adalah Cycas rumphii atau pakis haji.



    Coniferophyta, yang memiliki ciri khas yaitu berdaun kecil menyerupai jarum, hidup sebagai perdu atau pohon, memiliki strobilus berbentuk kerucut, berumah satu (monoseus), dan dapat menghasilkan resin. Salah satu contohnya adalah Pinus merkusii atau Pinus.



    Ginkgophyta, yang memiliki ciri khas yaitu bentuk daunnya seperti kipas dengan belahan yang berlekuk dalam, meranggas, berumah dua (dioseus), serta dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Satu-satunya anggota Ginkgophyta adalah Ginkgo biloba.



    Gnetophyta, yang memiliki ciri yaitu tidak memiliki saluran resin, berumah dua (dioseus), strobilus jantan tersusun majemuk, dan hidup sebagai perdu, pohon, dan tumbuhan memanjat. Salah satu contohnya adalah Gnetum gnemon atau melinjo.


    ciri ciri tanaman gymnospermae : 



    Gymnospermae adalah tumbuhan yang bijinya tidak dibungkus oleh bakal buah, atau biasa disebut tumbuhan biji terbuka atau tumbuhan biji telanjang.  Tumbuhan berbiji telanjang berhabitus semak, perdu atau pohon, sistem akar tunggang, batang tegak lurus atau bercabang, daun jarang yang berdaun lebar, jarang yang bersifat majemuk, sistem pertulangan tidak beranekaragam, bunga yang sesungguhnya belum ada, sporofil terpisah-pisah atau membentuk strobilus betina dan jantan, makrosporofil (daun buah) dengan bakal biji (makrosporangium) yang tampak menempel padanya, makro dan mikrosporofil terpisah, penyerbukan hampir selalu dengan cara anemogami, serbuk sari jatuh (pada tetes penyerbukan) langsung pada bakal biji, sel kelamin jantan berupa spermatozoid yang masih bergerak aktif, anatomi akar dan batang berkambium, selalu mengadakan pertumbuhan menebal sekunder, berkas pembuluh pengangkutan kolateral terbuka, xilem terdiri atas trakeida saja, floem tanpa sel-sel pengiring.

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham