• Permasalahan Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pengembangan Produk Bioindustri : Problems That Need To Be Considered In Product Bioindustry Development

    permasalahan dalam membuat produk bioindustri


    Permasalahan Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pengembangan Produk Bioindustri

    "Problems That Need To Be Considered In Product Bioindustry Development"




    Produk fermentasi tradisional umumnya dibuat oleh unit usaha kecil. Teknologi fermentasi yang digunakan telah berkembang melalui pengalaman bertahun-tahun dan bukan karena inovasi ilmiah. Pembangunan industri ke skala yang lebih besar perlu memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:


    "Traditional fermented products are generally made by small business units. The fermentation technology used has developed through years of experience and not due to scientific innovation. Industrial development to a larger scale needs to pay attention to the following aspects:"




    a. Tampilan produk.

    "a. Product display."




    Tidak dapat dipungkiri bahwa penampilan merupakan daya tarik awal konsumen untuk membeli suatu produk. Hal ini terutama berlaku untuk konsumen non-lokal yang tidak mengenal produk. Kemasan yang terkesan apa adanya, ukuran yang tidak seragam dan tidak memperhatikan ukuran yang sesuai untuk satu porsi adalah beberapa contoh masalah tampilan yang membuat produk tidak disukai.


    "It cannot be denied that appearance is the initial attraction of consumers to buy a product. This is especially true for non-local consumers, who are not familiar with the product. Packaging that seems as it is, non-uniform sizes and does not pay attention to what size is appropriate for one serving are some examples of display problems that make products unpopular."




    b. Kebersihan dan sanitasi.

    "b. Hygiene and sanitation."




    Merupakan aspek penting untuk dikendalikan. Banyak produsen atau penjual makanan tradisional termasuk makanan fermentasi masih mengabaikan faktor higienitas dan sanitasi. Dengan kondisi kebersihan dan sanitasi yang buruk, calon pembeli (terutama yang berasal dari golongan kaya) tidak akan tertarik membeli makanan ini karena khawatir dengan faktor keamanannya.


    "Is an important aspect to control. Many producers or sellers of traditional food including fermented food still ignore the hygiene and sanitation factors. With poor hygiene and sanitation conditions, prospective buyers (especially those from wealthy groups) will not be interested in buying this food because they are worried about the safety factor."




    c. Masalah skala produksi.

    "c. Production scale problem."




    Skala usaha kecil menyebabkan industri tidak mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Mengapa demikian? Selain faktor permodalan, hal ini juga terkait dengan masalah kapasitas produksi yang belum mencukupi. Selain itu, teknik produksi yang umumnya tidak menerapkan prosedur operasional standar dan semata-mata didasarkan pada kebiasaan tanpa landasan ilmiah yang memadai menyebabkan terjadinya variasi kualitas produk seiring dengan peningkatan skala produksi.


    "The small business scale causes the industry to be unable to reach a wider market. Why is that? Apart from the capital factor, this is also related to the problem of inadequate production capacity. In addition, production techniques that generally do not apply standard operational procedures and are based solely on habits without a sufficient scientific basis lead to variations in product quality as the scale of production is increased."




    Mungkin ada kendala lain yang menyebabkan makanan fermentasi tradisional kita menjadi tidak populer di negara kita sendiri (terutama di negara lain), namun setidaknya ketiga masalah di atas harus segera diperbaiki.


    "Maybe there are other obstacles that cause our traditional fermented food to be unpopular in our own country (especially in other countries), but at least the three problems above must be fixed."




    Citra makanan fermentasi tradisional juga perlu dibangkitkan dengan promosi yang terus menerus, baik dari segi rasa, manfaat kesehatan dan hal menarik lainnya yang berkaitan dengan produknya. Event wisata kuliner yang marak di media massa saat ini adalah contoh yang sangat baik dari promosi makanan tradisional.


    "The image of traditional fermented food also needs to be raised with continuous promotion, both regarding its taste, health benefits and other interesting things related to the product. Culinary tourism events that are rife in the mass media today are an excellent example of traditional food promotion."




    Namun, promosi saja tidak cukup. Produk pun harus tampil bersih, cantik dan seksi sehingga mengundang konsumen untuk membeli. Perlu pula kerjasama antara pelaku industri dan peneliti yang dimediasi oleh pemerintah untuk mengembangkan perbaikan dan modernisasi proses pengolahan produk fermentasi tradisional, guna mendapatkan produk yang masih memiliki ciri asli dengan kualitas yang baik dan kuantitas produksi yang tinggi.


    "However, promotion alone is not enough. Products must also appear clean, beautiful and sexy so that they invite consumers to buy. There is also a need for cooperation between industry players and researchers mediated by the government to develop improvements and modernization of traditional fermentation product processing processes, in order to obtain products that still have their original characteristics with good quality and high production quantity."


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham