• Faktor Edafik : Hewan Predator, Hama , Dekomposer, Ekstoparasit pada Tanah Organik dan Tanah Inorganik (Konvensional)

     Faktor Edafik : Hasil Analisis Hewan pada Tanah Organik dan Inorganik (Konvensional)


    hemiptera


    II. PEMBAHASAN

    Pada pengamatan kali ini terdapat hewan yang berada pada bahan organik, dimana bahan organik sendiri memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi air dan udara mempertahankan kelembaban, memperlambat proses pencucian hara oleh air hujan dan menyediakan senyawa yang dibutuhkan tanaman.


    Chilopoda dan Diplopoda merupakan hewan predator bagian dari mesoskopik. Menurut Sejati (2012) masing masing hewan ini bertindak sebagai pemakan tumbuhan dan hewan kecil. Selain hewan ini, Oribatida juga termasuk hewan kecil yang berukuran sedang bagian fauna saprofit, menurut Hasyim (2009) Oribatida berperan mempromosikan dinamika nutrisi dengan membantu penguraian bahan organik menjadi lebih kecil, kemudian menguraikan mikroorganisme untuk digunakan kembali.


    Cunaxidiae adalah predator diseluruh dunia yang hidup ditanah, sampah, lumut,  tanaman, dan produk simpanan. Banyak cunaxids memangsa serangga phytophagus dan tungau.  Cunaxoides parvus adalah musuh alami lepidopsaphes ulmi pada apel, sementara cunaxoides  oliveri diamati memangsa tungau eriophyid caleppitrimerus vitis (can.) pada tanaman merambat  anggur (Bagheri,et.,2016). 


    Handayani (2007) menyatakan Pada laelapidae yang menularkan patogen dari hampir sebagian besar mikroorganisme patogen. Tungau pada binatang ini manjadi ekoparasit pada stadium dewasanya, dan hidup di rerumputan.collembola memiliki peran dalam perombakan bahan  organik dan pembentukkan tanah dan juga peran didalam daur ulang nitogen dan karbon tanah


    Elateridae berperan sebagai penyerbuk, pemakan jamur serta beberapa spesies kumbang elaterid  pada fase larva bersifat saprofag Arifin dkk (2017). Kumbang elaterid predator umumnya ditemukan di antara  serasah daun, di bawah kulit kayu, dan di dalam kayu yang membusuk. Psocoptera termasuk kedalam jenis hama pasca panen yang dapat dijumpai pada  makanan ternak (Pitaloka, 2015)


    Endomychidae biasanya bersifat mycophagous. Mereka memakan berbagai jenis jamur,  yaitu Agaricales, Polyporales, jamur, dll. Sumber makanan tampaknya adalah spora jamur atau  hifa.(Ariaga et al.,2007). Formicidae memiliki peran besar sebagai predator, pencari makan, dan beberapa peran lainnya. Serta Pseudococcidae, dimana jenis ini merupakan hama yang telah berhasil menekan  kerusakan dan kerugian akibat serangannya. Kemudian ada Pentatomidae  yang berasal dari ordo Hemiptera yang merupakan hama yang bersifat polifag. Hama ini  menyerang tanaman famili Leguminoceae seperti kedelai, kacang hijau, kacang gude, kacang  tunggak, kacang panjang, alfalfa, crotalaria, dan Sesbania rostrata (Bayu dan Tengkano, 2015).


    Muscidae adalah serangga urban yang berperan sebagai vektor  penyakit. Serangga ini umumnya menggunakan limbah organik sebagai sumber. Muscidae merupakan hama yang sering ditemui  disekitar permukiman penduduk, peternakan maupun industri makanan (putra et al.,2013). 


    III. KESIMPULAN


    Edafik merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Hal ini karena tanah organik dengan kandungan hara dan seresah yang baik lebih banyak terdapat mesofauna dan makrotanah. Di  kedua tanah tersebut didominasi oleh Collembola sebagai perombak bahan organic tanah.  Lapisan tanah atas lebih subur dibanding dengan lapisan dibawahnya. dipengaruhi oleh  seresah yang diproduksi oleh vegetasi diatasnya. Peran hama didomoniasi oleh ordo hemiptera,  sedangkan ordo hymnopterea dan acarina berperan sebagai predator. Perbedaan- perbedaan pada  tanah sering merupakan penyebab utama terjadinya perubahan vegetasi dalam daerah iklim yang  sama

  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Quotes

    Berbanding tipis antara merdeka untuk ego dan merdeka untuk kebermanfaatan orang lain, silahkan pilih kemerdekaanmu.

    ADDRESS

    Perumnas Gardena Blok A No.112 Firdaus, Kab. Serdang Bedagai

    EMAIL

    hamdanirizkydwi@student.ub.ac.id
    hamdanirizkydwi@gmail.com

    TELEPHONE

    -

    Instagram

    @rizky_dham