Daftar Isi

    Essay singkat

    Mental health



        Sudah berbulan bulan lamanya masa pandemic covid-19 ini terjadi didunia yang sampai saat ini masih terus bertambah setidaknya ada 61.379 kasus aktif di Indonesia pertanggal 28 september 2020. Penerapan new normal yang terus dilakukan pemerintah demi mencegah penularan kasus ini terus dibuat pemerintah yang mengharuskan kita rakyat Indonesia beradaptasi dengan kondisi seperti ini.

        Kondisi tersebut diperparah dengan adanya PHK dimana, anak anak harus belajar dirumah dengan cara daring atau dalam jaringan yang mana akan terus menggerogoti kesehatan mental kita sebgai rakyat Indonesia. Untuk itu banyak cara demi cara yang harus kita lakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan mental yang terus menggerogoti perasaan kita.

        Tak heran bagi kita akan muncul beberapa gejala  yang harus diperhatian bahwasannya kita sedang mengalami gangguan mental diantaranya: perubahan pola tidur, gangguan pola makan,sulit konsentrasi , munculnya stress dan bosan terutama pada anak yang terus berada dirumah

        Banyak orang yang merasa kebingungan untuk mengatasi gejala tersebut bahkan tak banyak yang awalnya  mau menyembuhkan ganggua mental tersebut malah semakin parah terkena gangguan tersebut akibat selau memikirkannya tanpa ada solusi yang didapatkannya.

        Melihat dunia luar adalah salah satu jalan yang sangat baik untuk menyikapi kegelihasan yang terjadi akibat berlama lama dirumah tetapi hal ini akan sangat bahaya dilakuksan Karena masih maraknya pandemi covid-19 yang masih terjadi saat ini. Bagi sebagian orang memang merasa acuh tak acuh karena sudah tidak tahannya berada dalam kondisi tersebut diantaranya adalah remaja yang terus mencari kesempatan demi kesempatan agar bisa terus berkumpul dengan teman temannya baik itu nonggkrong dicaffe caffe yang mana terus dianjurkan untuk tidak membuka jualannya karena kondisi ini bahkan sampai mengadakan balap lari dijalan jalan yang viral akhir akhir ini.



    Untuk itu harus la dilakukan cara cara sederhana untuk menyikapi hal tersebut diantaranya:


     1.Lakukan aktivitas fisik

        Pilih aktivitas fisik seperti olahraga ringan yang mampu menenangkan pikiran serta membangun mood lebih baik. Contoh yang dapat dicoba antara lain yoga, latihan pernapasan, peregangan, dan sejenisnya. Olahraga membantu tubuh memproduksi hormon endorfin untuk meredakan stres. 

     

    2. Tetap konsumsi makanan bergizi seimbang

        Pastikan pola makan tetap dijaga secara teratur dengan asupan bergizi seimbang. Tubuh yang sehat dapat menjaga kesehatan mental secara langsung maupun tidak langsung.


    3. Jauhi kebiasaan buruk

        Hindari rokok dan alkohol ketika sedang stres. Sebaliknya, tidur dan istirahat yang cukup. 

     

    4. Manjakan diri

        Beri waktu luang untuk memanjakan diri sendiri dengan mengerjakan hobi atau mencoba hal baru.Anda juga disarankan membuat rutinitas favorit, seperti menonton film kesukaan atau mendengar musik untuk mengusir rasa jenuh dan meredakan stres.

      

    5. Bijak menerima informasi

        Paparan pemberitaan mengenai pandemi secara intens dapat memicu kecemasan berlebih. Pastikan untuk mengurangi dan membatasi informasi mengenai pandemi. 


        Selain kelima hal di atas, Anda juga disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat, terutama jika memiliki masalah untuk diceritakan.Terus menjaga hubungan dengan lingkungan, baik melalui telepon maupun video call penting untuk kesehatan jiwa Anda agar lebih tenang. 

    Artikel Terkait:

    Jadilah komentator pertama!
    Urut dari yang terbaru terlama terbaik

    Terbaru

    Terlama

    Terbaik